in: News | June 18, 2015 | by: Yufianto Gunawan

Project Quantum AMD Gunakan Prosesor Intel Devil’s Canyon?

Beberapa hari lalu, AMD memperkenalkan beberapa produk terbaru mereka yang di antaranya adalah Mini PC yang cukup menarik, yaitu Project Quantum. Mini PC tersebut, selain menarik karena mengusung dual-GPU Fiji, juga banyak menimbulkan pertanyaan, termasuk spesifikasi seperti apa yang digunakan AMD untuk memotorinya. Salah satu kabar yang baru beredar ternyata menawarkan jawaban untuk hal itu, Mini PC Project Quantum disebut menggunakan Core i7 Devil’s Canyon dari pesaing mereka, Intel!

AMD Project Quantum 02

Munculnya kabar tersebut didasarkan pada video dari AMD Innovation Lab., divisi AMD yang menggarap Project Quantum. AMD Innovation Lab. sempat menampilkan bagian dalam dari Mini PC tersebut, yang ternyata menggunakan motherboard Mini-ITX custom built. Di motherboard tersebut, terlihat jelas stiker “Intel Gigabit Ethernet” yang merujuk pada penggunaan chip jaringan dari Intel. Berdasarkan penelusuran lebih dalam, diketahui bahwa motherboard yang digunakan adalah custom built berbasis ASRock Z97E-ITX/ac dengan prosesor yang digunakan adalah Core i7-4790K.

Hardware lain yang digunakan di sistem tersebut antara lain memori Crucial Ballistix dan SSD AMD R7 Series. Untuk graphics card, berdasarkan blueprint desain AMD Innovation Lab., akan diposisikan menumpang di atas motherboard. Mini PC ini dilengkapi dengan sistem pendingin berupa waterblock terintegrasi untuk CPU dan dual-GPU Fiji yang akan dihubungkan ke single radiator yang ditempatkan di kompartemen atas di Mini PC itu.

AMD sendiri memang tidak mengatakan bahwa ini adalah spesifikasi final dari Project Quantum. Mereka hanya menyusun spesifikasi ini untuk menunjukkan bahwa Mini PC seperti itu, terutama dengan dual-GPU Fiji, bisa diwujudkan. Nantinya, bila Mini PC ini dipasarkan, AMD mungkin saja menggunakan spesifikasi berbeda untuk menyusunnya, yang antara lain bisa saja menggunakan CPU berbasis Zen yang tengah mereka siapkan atau malah menggunakan Core i Next Generation dari Intel.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES