in: Movies | June 24, 2015 | by: Irham

Review Terminator Genisys: Garis Waktu Berubah Tak Terkendali

poster

Kepemimpinan John Connor telah berhasil membawa permberontakan manusia terhadap mesin berhasil menemui ujung kemenangan. Tapi kemenangan belumlah menjadi akhir dari segalanya. SkyNet yang telah mengetahui bahwa dirinya akan dikalahkan, akhirnya mengirim robot T800 ke tahun 1984 untuk membunuh Sarah Connor. Perjuangan harus kembali dilakukan dari awal kisah. John Connor pun mengirim Kyle Reese untuk menyelamatkan ibunya agar kemenangan mereka di masa depan tidak menjadi sia-sia.

3

Tapi apa yang ditemui oleh Kyle Resee di masa lalu ternyata telah berubah. Kejadian di masa lalu tidak lagi seperti yang digambarkan oleh John Connor. Misi penyelamatan Sarah Connor pun menjadi berantakan, karena justru Kyle Reese lah yang diselamatkan oleh Sarah Connor. Sarah Connor telah berubah menjadi seorang survivor bersama dengan robot T800 yang menyelamatkannya sejak usia sembilan tahun.

Kyle Reese tidak tahu lagi apa yang harus dilakukannya karena perubahan sejarah tersebut. Tapi Kyle Reese sempat melihat kilasan memori masa kecilnya di tahun 2017, ketika melintasi waktu menggunakan mesin waktu saat dirinya dikirim oleh John Connor. Ia melihat dirinya bertemu dengan Sarah Connor yang menyelamatkan keluarganya dalam sebuah kekacauan.

Akhirnya mereka memutuskan pergi ke tahun tersebut. Kilasan memori yang juga paling diingat Kyle adalah pesan yang menyebutkan bahwa “Genisys adalah SkyNet”. Lalu apakah Genisys itu?

4

 

Takdir Masa Lalu yang Berubah, Plot Twist Semakin Memutar Otak

Sebagai salah seorang penggemar seri film Terminator, saya merasa begitu senang dengan kehadiran sekuel kelima ini. Ada beberapa hal yang seolah membangkitkan kembali kecintaan pada film yang mengisahkan pertarungan manusia melawan SkyNet, setelah sempat meredup film sebelumnya. Satu hal pertama, yaitu kembali berperannya robot T800 yang diperankan oleh Arnold Schwarzenegger. Excited yang sama juga terasa dipancarkan oleh para penonton begitu melihat sosok yang akrab di mata mereka ini.

1

Meskipun kali ini wujud T800 digambarkan sebagai sosok robot yang menua karena masih menggunakan jaringan hidup sebagai pembungkus kerangka robot, tapi justru memberikan nuansa yang baru bagi para penonton. Sosoknya sebagai robot tua terkadang menimbulkan gelak tawa. Meskipun aksi laga yang diberikan tetap enerjik dan powerful. Sementara robot timah T1000 juga kembali muncul, diperankan oleh pemeran Asia, Lee Byung Hun. Alan Taylor sebagai sutradara tentu ingin sedikit membangkitkan hype dari film kedua, ‘Terminator 2: Judgement Day’ yang begitu fenomenal.

Kedua, Terminator Genisys lebih dari sebuah sekuel film sci-fi & action, karena sebenarnya yang ditonjolkan dalam film adalah kisah baru dari perjuangan manusia melawan SkyNet. Plot twist tentang perubahan takdir dan waktu tentang tiga karakter penting, yakni Sarah Connor, Kyle Reese, dan John Connor bukan lagi seperti yang kita ketahui dari empat film sebelumnya. John Connor bukan lagi penentu masa depan dan misi penjelajah waktu yang terpenting hanyalah menghancurkan SkyNet.

2

Adegan action justru terasa lebih menegangkan dan seru di awal. Dibagian akhir film, penonton mungkin akan merasa sedikit bosan dan lebih menikmati alur cerita yang diberikan. Karena level pertarungan tidak terasa meningkat dan lebih banyak dialog krusial yang dihadirkan. Bagi anda belum mengikuti atau sudah lupa bagaimana cerita dari film pertama, kedua dan ketiga, mungkin anda akan mengernyitkan dari untuk memikirkan alur cerita yang diberikan karena banyaknya plot twist yang terjadi.

Sebaliknya jika anda mengikuti keseluruhan seri, atau setidaknya tidak perlu mengikuti bagian film keempat (Treminator: Salvation,) maka anda akan sangat menikmati alur baru yang dihadirkan. Sarah Connor yang baru diperankan oleh Emilia Clarke menampilkan sosok yang begitu enerjik , tangguh tapi juga memiliki kesan sensual. Timeline baru mengisahkan Sarah Connor telah menjadi seorang pejuang melawan SkyNet, bukan dari usia dewasa melainkan sejak ia berusia sembilan tahun dan diasuh oleh T800.

5

Adapun penampilan Jai Courtney juga cukup memuaskan penggemar dalam memerankan Kyle Reese. Reese menjadi jauh lebih tangguh dibandingkan dengan yang pernah muncul di semua seri film Terminator sebelumnya. Namun untuk pemeran John Connor dewasa, rasanya Christian Bale lebih punya kharisma sebagai pemimpin pasukan pemberontakan melawan SkyNet. Bisa dibilang, itu adalah satu poin yang paling menjual di film ‘Terminator Salvation’ yang sayangnya tidak kembali dihadirkan di film Termintaor Genisys kali ini.

Indonesia kembali mendapatkan waktu tayang perdana untuk fim Terminator Genisys, setelah minggu kemarin Minions hadir paling awal di Indonesia. Terminator Genisys mulai tayang hari ini, 24 juni 2015. Segera saksikan di bioskop-bioskop kesayangan anda.

Video Trailer: 

Tanggal Rilis: 24 Juni 2015 (Indonesia)
Durasi: 125 Menit
Genre: Sci-Fi, Action
Sutradara: Alan Taylor
Pemain: Arnold Schwarzenegger, Jason Clarke, Emilia Clarke, Jai Courtney, Lee Byung-hun, Matt Smith, dan J. K. Simmons
Studio: SkyDance Production, Paramount Pictures

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES