in: News | June 10, 2015 | by: Dimas Galih Windujati

Smartfren Andromax Q Gunakan Cyanogen OS bukan CyanogenMod

Saat peluncuran lima smartphone Andromax yang memiliki kemampuan 4G LTE, ada satu smartphone yang cukup menarik untuk dimiliki. Smartphone tersebut adalah Andromax Q yang menggunakan sistem operasi Cyanogen OS 12. Cyanogen OS 12 sendiri sudah menggunakan sistem operasi Android berbasis Lollipop 5.0.

Andromax 4G - Vikram Natarajan
Vikram Natarajan

Vikram Natarajan selaku Senior Vice President of Global Partnerships and Distribution Cyanogen mengatakan bahwa kerja sama antara Cyanogen dan Smartfren tidak eksklusif seperti apa yang mereka lakukan pada Yu di India. Dan sistem operasi yang digunakan nantinya adalah Cyanogen OS dan bukan Cyanogen Mod. Lalu apa perbedaannya?

Cyanogen Mod merupakan versi sistem operasi open source yang diluncurkan oleh Cyanogen. Sementara, Cyanogen OS merupakan sistem operasi yang sama dengan Cyanogen Mod, tetapi memiliki beberapa aplikasi yang dilisensi close source. Pada Cyanogen OS, pengguna tidak akan menemukan update Nightly atau update yang ada setiap malam. Cyanogen OS pun juga akan mengeluarkan update berkala yang kemungkinan akan keluar setiap bulannya.

Andromax Q
Andromax Q

Smartfren Andromax Q sendiri saat peluncuran akan menggunakan Cyanogen OS 12. Vikram pun menjanjikan akan mengeluarkan update melalui Over the Air (OTA) sesegera mungkin untuk Andromax Q dengan Cyanogen OS 12.1 yang berbasis Android Lollipop 5.1. Bisa jadi, Andromax Q nantinya akan menjadi smartphone Andromax yang memiliki sistem operasi paling baru di antara jajaran perangkat dari Smartfren.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES