in: News | June 11, 2015 | by: Cerira

Terlalu Mahal, Facebook Batalkan Proyek Satelit

space-satellite-orbit

Salah satu rencana paling ambisius Facebook untuk bisa menghadirkan internet yang lebih terjangkau ke seluruh penjuru dunia adalah membangun satelit sendiri. Namun rencana yang sebelumnya menjadi proyek rahasia Facebook tersebut nampaknya harus dibatalkan karena alasan biaya yang sangat besar.

Proyek satelit Facebook tersebut sebelumnya akan menghabiskan biaya sebesar $500 juta, namun bisa membengkak hingga $1 milyar, yang kemudian dinilai sebagai angka yang sangat fantastis. Hal ini membuat Facebook pun terpaksa memutuskan untuk membatalkan rencana tersebut. Berdasarkan laporan dari orang dalam yang terkait dengan proyek tersebut ke laman The Information, Facebook menarik proyek tersebut karena alasan biaya yang sangat besar dan perusahaan khawatir tidak bisa memulihkan biaya yang sudah dikeluarkan tersebut nantinya.

Sebelumnya dengan proyek ini Facebook berencana membangun satelit sendiri dan menggunakannya untuk menghadirkan internet untuk menghubungkan daerah-daerah terpencil yang di dunia ini, baik secara gratis maupun dengan biaya murah, dalam rangka untuk meningkatkan jumlah pengguna internet. Dengan bertambahnya jumlah pengakses internet, tentunya akan membuat pengakses jejaring sosial milik Mark Zuckerberg tersebut juga akan meningkat. Ke depannya, hal ini disebut-sebut juga akan terkait dengan pengembangan bisnis Facebook. Namun biaya $1 milyar tersebut jelas merupakan nilai yang jauh lebih besar dari yang diharapkan Facebook untuk dikeluarkan, yang diikuti keraguan akan bisa ‘balik modal’.

google-satellite-project-report

Sebelumnya Facebook sudah bekerjasama dengan berbagai perusahaan yang terkait dengan mobile, seperti Samsung dan Qualcomm, dan pada 2013 lalu meluncurkan Internet.org yang menjadi salah satu usaha Facebook untuk lebih mempermudah akses internet. Namun meskipun proyek satelit gagal, Facebook masih bisa menggunakan beberapa proyek lain yang juga tengah dikembangkannya, seperti drone yang dilengkapi dengan WiFi. Alat ini merupakan drone bertenaga surya yang kabarnya bisa mengudara di ketinggian sekitar 20 ribu hingga 30 ribu kaki. Meski besarnya bisa seukuran pesawat Boeing, namun drone khusus ini bobotnya sangat ringan.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES