in: News | July 29, 2015 | by: Yufianto Gunawan

3D XPoint: Memori Kencang Baru dari Intel & Micron

Intel dan Micron baru saja mengumumkan bahwa hasil kolaborasi mereka dalam 10 tahun terakhir dalam mengembangkan jenis memori non-volatile baru telah membuahkan hasil. Sekitar 25 tahun setelah diperkenalkannya NAND Flash, Intel dan Micron telah mencapai tahap di mana memori baru kreasi mereka, 3D XPoint, telah siap diproduksi. 3D XPoint ini akan memungkinkan hadirnya memori yang dapat menyimpan data berukuran besar dan mengaksesnya dalam kecepatan tinggi.

3D XPoint 01

Karena berjenis non-volatile, memori ini dapat digunakan untuk menyimpan data. Berdasarkan penjelasan dari Intel, kebutuhan yang ada di dunia modern saat ini memang menuntut hadirnya memori jenis baru yang bisa diandalkan dari sisi performa dan kapasitas, lebih dari apa yang ditawarkan NAND Flash. Untuk itu, dari hasil riset selama kurang lebih 10 tahun, Intel dan Micron berhasil mengembangkan memori baru dengan kecepatan hingga 1000x NAND, daya tahan hingga 1000x NAND, serta menawarkan kapasitas besar.

3D XPoint 03

Sesuai dengan konsep “3D” yang diusungnya, memori ini dapat disusun hingga beberapa layer untuk tingkat kepadatan penyimpanan data yang tinggi. Hal itu memungkinkan terciptanya media penyimpanan dengan kapasitas hingga 10x lebih besar dengan ukuran seringkas yang ada saat ini. Disandingkan dengan kecepatan tinggi yang dimilikinya, memori ini memungkinkan berbagai operasi yang cukup sulit dilakukan saat ini karena keterbatasan memori yang ada, termasuk untuk machine learning, riset yang memanfaatkan big data, in-memory database, serta mendukung komputasi kecepatan tinggi untuk berbagai hal.

3D XPoint 04

Berdasarkan apa yang disampaikan dalam webcast yang dibawakan oleh Rob Crooke, Senior VP & GM Intel Non-Volatile Memory Solutions Group, dan Scott DeBoer, VP of Research & Development di Micron, jenis memori baru ini akan bisa dicoba di tahun 2015 ini dengan implementasi di produk akhir akan hadir di tahun 2016 mendatang. Intel dan Micron sendiri juga akan turut terjun langsung untuk mengembangkan berbagai perangkat baru dengan memori 3D XPoint ini. Mari kita lihat saja seperti apa implementasi langsung dari memori kencang ini!

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES