in: News | July 31, 2015 | by: Dian Syarifuddin

Facebook Bikin Pesawat Tanpa Awak Untuk Kirim Koneksi Internet

aquila_line-jpeg

Mark Zuckerberg, selaku CEO Facebook, sempat mengumumkan bahwa ia memiliki ambisi untuk menghubungkan semua orang di dunia lewat akses internet. Dan pada Oktober tahun lalu pun, sang pendiri sosial media paling terkemuka di dunia itu resmi meluncurkan Internet.org. Bahkan situs internet.org sudah resmi hadir di Tanah Air dengan merangkul salah satu provider dalam negeri.

Kini, Facebook dikabarkan akan melanjutkan misinya tersebut untuk memberikan koneksi internet gratis yang lebih luas lagi. Sebagai bagian dari rencananya, Facebook dilaporkan telah menyiapkan sebuah pesawat tanpa awak yang mereka beri nama Aquila.

Aquila dirancang untuk mengirim koneksi internet dari ketinggian 60.000 sampai 90.000 kaki. Aquila memiliki ukuran panjang sekitar 140 kaki atau sekitar 42.6 meter. Hal yang cukup menarik dari pesawat tanpa awak milik Facebook ini ditenagai dengan solar panel.

Rencananya, Facebook akan menerbangkan pesawat tanpa awaknya ini menggunakan balon udara dan akan terbang dengan pola berputar-putar di wilayah yang sudah ditentukan selama 90 hari. Namun saat ini, pihak Facebook masih menunggu keputusan dari Federal Aviation Administration yang akan memberikan jalur lintas di udara, sehingga Aquila nantinya tidak akan mengganggu jalur lintas pesawat komersial.

Jika perizinan sudah mereka miliki, rencananya Facebook akan melakukan uji coba di Amerika Serikat pada akhir tahun ini.

Sumber: Engadget

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES