in: News | July 30, 2015 | by: Fernando B. Sitorus

Gigabyte Rilis Varian GTX 970 dengan Pendingin Terbaru

Maraknya tren dual fan pada pendingin VGA terbaru saat ini ternyata tidak membuat pabrikan satu ini terus-menerus menggunakannya di seluruh jajaran graphics card high-end mereka. Gigabyte, pabrikan asal Taiwan, ternyata merilis varian GTX 970 mereka dengan pendingin baru, yang disebut Twin Turbo. Namun, satu hal yang unik, walaupun menggunakan kata “twin”, pendingin ini hanya menggunakan single fan.

giga 1

Jangan samakan Twin Turbo ini dengan varian pendingin graphics card lain yang menggunakan dua buah kipas. Twin Turbo hanya menggunakan satu kipas dengan desain blower, mirip dengan desain reference NVIDIA. Hanya saja, disebut sebagai Twin Turbo, graphics card ini memiliki dua lubang untuk mengambil udara segar yang akan digunakan sebagai media pendingin heatsink. Udara akan ditarik dari kedua sisi fan, kemudian dihembuskan melalui heatsink dan dikeluarkan melalui panel I/O yang tereletak di belakang. Dua posisi intake inilah yang membuat pendingin ini dinamakan Twin Turbo.

Terkait pengambilan udara dari depan dan belakang kipas, hal itu dimungkinkan karena desain PCB yang diusung. PCB dari graphics card ini sendiri tidak sepanjang HSF-nya, sehingga belakang kipas tidak tertutup PCB graphics card. Menurut pabrikan ternama asal Taiwan ini tipe pendingin terbaru ini akan mereduksi panas hingga 29% lebih baik.

giga 4

PCB pendek yang diusungnya ternyata bukan limit dari kemampuan graphics card terbaru ini. Hal itu dibuktikan dengan kecepatan standar dari GPU yang digunakan yang ternyata sudah dioverclock dari versi referensi GTX 970. Kartu grafis ini akan menggunakan base clock 1101Mhz dan boost clock hingga 1241Mhz. Memory clock-nya sendiri akan berada di angka di 7010Mhz. Gigabyte juga melepas varian non-overclocked yang tentunya berharga lebih murah. Versi Non-OC ini mempunyai base clock 1076Mhz dan boost clock di 1216Mhz

Giga 3

 

Untuk daya, Gigabyte sendiri tetap mengusung 8-pin power konektor atau hanya membutuh kan power supply sebesar 400 Watt. Card ini juga tentunya secara native sudah mendukung DirectX 12. Untuk ketersediaan di pasar, Gigabyte belum memberikan keterangan resmi, tapi bisa dipastikan kartu grafis terbaru ini akan dibandrol di harga US$ 300 untuk versi standard dan US$310 untuk versi overclock.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES