in: Power Supply | July 12, 2015 | by: Hendra Wijaya

Hands-On: PSU Enermax MAXPRO 700 Watt

Seperti kita ketahui saat ini, mata uang rupiah terus melemah terhadap mata uang dolar Amerika Serikat. Hal ini tentunya berdampak pada harga-harga komponen PC di pasar PC rakitan Indonesia yang terus melambung tinggi. Dengan harga komponen PC yang terus meninggi, membuat para PC enthusiast dan PC gamer harus memutar otak untuk merakit PC yang mereka gunakan agar sesuai dengan budget mereka. Bahkan tidak sedikit pula dari mereka yang berakhir dengan mengorbankan kualitas PSU (power-supply) yang mereka gunakan, agar PC yang dirakit tidak melebihi budget yang tersedia.

Ditengah kondisi yang mungkin dirasa serba sulit seperti sekarang ini, ternyata muncul angin segar yang berasal dari di pasar power-supply (PSU) PC Indonesia. Adalah Enermax selaku produsen PSU yang sudah cukup ternama yang merilis sebuah produk PSU kelas entry-level terbaru yang bernama Enermax MAXPRO. PSU terbaru dari Enermax ini diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan PC enthusiast dan PC gamer di Tanah Air yang membutuhkan PSU berkualitas dengan harga terjangkau.

Sudah penasaran dengan PSU Enermax MAXPRO ini? Berikut artikel hands-on PSU Enermax MAXPRO 700 watt yang dibanderol dengan harga dibawah Rp. 1 juta ini.

Spesifikasi

Spesifikasi singkat dari power-supply Enermax MAXPRO 700 watt ini :

Spek 1spek 2

Galery

Enermax MaxPro700 watt 1
Kemasan Enermax MAXPRO 700 watt

Tampilan luar kemasan Enermax MAXPRO tampil sangat sederhana. Pada bagian kemasan ini terlihat label 80+ standar yang menandakan bahwa power-supply ini memiliki tingkat efisiensi daya yang mencapai 80% atau diatasnya.

Enermax MaxPro700 watt 15
Konten dari paket penjualan PSU Enermax MAXPRO
Enermax MaxPro700 watt 16
Kelengkapan dan aksesoris PSU Enermax MAXPRO 700 watt

Kelengkapan paket penjualan beserta aksesoris PSU Enermax MAXPRO 700 watt ini terlihat cukup sederhana dan apa adanya saja, dimana hanya terdiri dari satu unit power-supply, kabel AC, baut, dan buku manual. Hal ini merupakan hal yang cukup wajar dan lumrah, karena PSU Enermax MAXPRO ini merupakan PSU kelas entry-level yang dijual dengan harga terjangkau untuk para pengguna yang ingin merakit sistem PC dengan dana terbatas.

Enermax MaxPro700 watt 17
PSU Enermax MAXPRO 700 Watt

 

Enermax MaxPro700 watt 20
Bagian belakang PSU Enermax MAXPRO 700 watt
Enermax MaxPro700 watt 18
Bagian samping PSU Enermax MAXPRO 700 Watt

Walaupun PSU Enermax MAXPRO 700 watt ini hadir untuk segmen pasar PSU kelas entry-level, bentuk fisik PSU Enermax MAXPRO ini tidak memperlihatkan kesan fisik PSU “murah”.

Enermax MaxPro700 watt 21
Kipas pendingin berukuran 120 mm

PSU Enermax MAXPRO 700 watt ini dilengkapi dengan fan pendingin berukuran 120 mm.

Enermax MaxPro700 watt 13

PSU Enermax MAXPRO 700 watt menggunakan konfigurasi desain single-rail 12V+, sehingga penggunanya tidak perlu khawatir dengan permasalahan manajemen kabel untuk pembagian beban rail 12V+ yang ada pada PSU berkonfigurasi multi-rail.

Enermax MaxPro700 watt 22

Sistem kabel pada PSU Enermax MAXPRO 700 watt ini tidak dilengkapi dengan fitur kabel modular. Hal ini juga bisa dikatakan wajar karena pihak Enermax dapat menekan biaya produksi pada PSU barunya ini. Berikut kabel dan konektor yang tersedia dari PSU Enermax MAXPRO 700 watt ini:

Enermax MaxPro700 watt 23
Kabel power ATX-24 pin dan Kabel Power CPU 4+4 pin

PSU Enermax MAXPRO 700 watt menggunakan kabel power ATX-24pin dan hanya menyediakan 1 unit kabel power CPU 4+4 pin.

Enermax MaxPro700 watt 24
Kabel Pcie power 6+2 pin

PSU ini juga hanya dilengkapi dengan 2 unit kabel power PCIe yang masing-masing memiliki 2 unit konektor power PCIe 6+2 pin .

Enermax MaxPro700 watt 25
Kabel power SATA

PSU dari Enermax MAXPRO 700 watt ini dilengkapi dengan 2 kabel untuk power SATA yang masing-masing memiliki 4 konektor power SATA.

Enermax MaxPro700 watt 26
Kabel power moleks 4-pin dan floppy 4-pin

PSU dari Enermax MAXPRO 700 watt ini hanya dilengkapi dengan 1 kabel untuk power molex 4-pin yang terdiri dari 3 unit konektor moleks 4-pin dan 1 unit konektor floppy 4-pin.

Enermax MaxPro700 watt 27
Unit Kabel AC dari PSU Enermax MAXPRO 700 Watt
Enermax MaxPro700 watt 28
Kelengkapan baut pengunci power-supply

Pada kesempatan kali ini, pihak distributor Enermax Indonesia mempersilahkan tim JagatReview untuk membongkar dan melihat isi daleman dari PSU Enermax MAXPRO 700 watt ini :

Enermax MaxPro700 watt 2
Bagian dalam PSU Enermax MAXPRO 700 Watt

 

Enermax MaxPro700 watt 3

Power-supply enermax ini dilengkapi dengan fan pendingin yang mirip dengan fan pendingin Enermax dari seri T.B silence.

Enermax MaxPro700 watt 7
Bagian dalam Enermax MAXPRO 700 Watt

Walaupun PSU Enermax MAXPRO 700 watt ini berada di segmen pasar PSU kelas entry-level dan dibanderol dengan harga dibawah Rp. 1 juta, pengerjaan perakitan power-supply ini masih terlihat rapi dan tidak asal-asalan. Hal ini menandakan bahwa, Enermax masih menjaga Quality & Control yang baik pada produksi PSU Enermax MAXPRO ini.

Enermax MaxPro700 4Pada bagian belakang socket konektor power AC, Enermax memberikan rangkaian filter yang mem-filter fluktuasi ripple listrik yang ada pada aliran listrik rumahan Indonesia yang cukup terkenal dengan ketidakstabilannya.

Enermax MaxPro700 6Pada bagian kanan foto diatas terlihat jelas, bahwa PSU ini dilengkapi dengan rangkaian Power-Factor Correction Active. Sedangkan Pada bagian bawah foto diatas, terlihat rangkaian bridge dioda yang akan mengkonversi listrik AC menjadi DC.

Enermax MaxPro700 5
Kapasitor Nippon Chemi-con

Enermax melengkapi PSU ini dengan kapasitor buatan jepang sebagai kapasitor filter pada rangkaian filter listrik input 220 Volt PSU ini.

Enermax MaxPro700 watt 11Selain kapasitor buatan jepang, PSU ini juga menggunakan kapasitor buatan Taiwan seperti , Su’scon dan JunFu.

Enermax MaxPro700 watt 10
Rangkaian Filter Output DC

Enermax MaxPro700 watt 8

Kabel konektor output DC 12V+, 5V+, 3,3V+ dan ground terpasang dengan rapi pada PCB power supply ini.

Secara keseluruhan, PSU Enermax MAXPRO 700 watt bisa menjadi opsi yang cukup menarik bagi para enthusiast PC dan gamer PC yang memiliki dana terbatas namun ingin membangun sebuah sistem PC menggunakan prosesor dan VGA card kelas mid-range hingga high-end.

PSU Enermax MAXPRO 700 watt ini memiliki spesifikasi yang mampu memberikan daya listrik pada VGA Card kelas high-end, seperti VGA card sekelas Nvidia Titan X, Nvidia GTX 980 Ti, AMD Radeon Fury X dan AMD Radeon 390x dengan harga yang terjangkau tepatnya dibawah Rp. 1 Juta. Hanya saja, PSU Enermax MAXPRO 700 watt ini tidak dilengkapi dengan fitur cable-management yang menjadi tantangan tersendiri pada saat pengguna PSU ini merapikan kabel-kabel PSU ini pada casing PC yang digunakannya.

Harga : +- Rp950.000,00 ( Kisaran Harga )

Distributor : Foxhound

Tags: