in: Power Supply | July 21, 2015 | by: Hendra Wijaya

Hands-On: PSU Full Modular Corsair RM850i

Pernah mengenal PSU seri RM dari Corsair? Seri PSU tersebut adalah salah satu lini yang paling diunggulkan Corsair untuk menjangkau pasar PSU yang cukup luas. PSU seri ini sendiri dirilis sejak akhir tahun 2013 lalu. Namun, di pertengahan tahun 2015 ini, Corsair akhirnya mengganti seri RM dengan seri RMi.

Salah satu PSU dari seri penerus RM ini adalah Corsair RM850i. Berbeda dengan pendahulunya, PSU ini kini dilengkapi dengan fitur kontrol digital Corsair-Link. Fitur itulah yang membedakan PSU Corsair seri ini dengan seri RM pendahulunya. Walaupun sudah dilengkapi itur kontrol digital Corsair-Link, Corsair RM850i ini tampil dengan desain fisik yang sama persis dengan seri pendahulunya, serta mengantongi sertifikasi efisiensi daya yang serupa, yaitu 80+ Gold. Berikut artikel Hands-on dari PSU Corsair RM850i ini.

Spesifikasi

Berikut spesifikasi singkat dari PSU Corsair RM850i ini:
spek3
spek1
spek2

Gallery

Corsair RM850i 1b
Kemasan dari paket penjualan PSU RM850i ini tampil dengan warna kuning yang merupakan warna khas PSU Corsair seri RM

Kemasan penjualan dari PSU RM850i memiliki desain yang mirip dengan pendahulunya, atau lebih tepatnya tampil dengan desain kemasan paket penjualan PSU Corsair pada umumnya. Di dalam kemasan tersebut terdapat boks yang merupakan wadah dari seluruh isi paket penjualan PSU ini.

Corsair RM850i 2
Konten dari paket penjualan Corsair RM850i

 

Corsair RM850i 3

Sama seperti produk PSU premium Corsair lainnya, paket penjualan PSU Corsair RM850i ini dilengkapi dengan aksesoris dan kelengkapan lainnya yang terbilang cukup lengkap. Paket penjualan PSU Corsair ini terdiri dari satu unit PSU, buku petunjuk manual, kartu garansi, sticker, baut, kabel AC, kabel modular, kantong PSU, kantong kabel modular, pengikat kabel dan kabel konektor USB untuk fitur Corsair Link. Kabel Corsair Link ini lah yang mejadi pembeda utama paket penjualan dari RMi dengan RM Series.

 

Corsair RM850i 4
PSU Corsair RM850i

 

Corsair RM850i 7
Bagian belakang PSU Corsair RM850i

Jika dilihat lebih seksama lagi, tidak ada perubahan yang signifikan pada desain fisik PSU Corsair RM850i jika dibandingkan dengan versi pendahulunya, yaitu PSU Corsair RM850. Yang terlihat hanyalah warna label yang menandakan seri PSU ini menggunakan warna putih, bukan warna kuning yang digunakan pada PSU seri RM.

Corsair RM850i 6Pada bagian belakangnya, PSU Corsair RM850i dilengkapi dengan sebuah sticker peringatan yang mengingatkan para pengguna PSU ini bahwa FAN PSU ini tidak akan berputar ketika daya listrik yang digunakan masih tergolong rendah dan menengah. Fan baru akan berputar bila PSU mendapatkan load yang cukup tinggi.

Corsair RM850i 9

Sama dengan seri pendahulunya, PSU Corsair RM850i ini juga menggunakan sistem kabel full-modular. Disini terlihat perbedaan yang cukup mencolok pada PSU RM850i, bahwa PSU seri ini telah dilengkapi dengan fitur Corsair-link yang merupakan fitur kontrol digital pada power supply dari Corsair.

Corsair RM850i 8

Sama dengan seri pendahulunya, PSU RM850i ini telah mengantongi sertifikasi efisiensi daya 80+ Gold. Selain itu, PSU Corsair RM850i ini juga menggunakan desain single-rail 12V+, yang membuat pengguna tidak akan dipusingkan lagi terhadap perhitungan keseimbangan daya pada setiap kabel konektor yang biasa dilakukan pada produk PSU multi-rail.

Corsair RM850i 5

Untuk sistem pendinginannya, PSU Corsair RM850i ini dilengkapi dengan sebuah fan pendingin berukuran 140mm. Berdasarkan spesifikasi PSU ini, fan pendingin ini hanya akan berputar pada saat PSU RM850i mendapatkan beban daya sebesar 340 watt ke atas.

Corsair HX750i 12
Kabel-kabel modular dari PSU Corsair RM850i

PSU Corsair RM850i ini menggunakan sistem kabel full-modular, sama seperti yang digunakan pada seri pendahulunya. Sehingga wajar saja jika PSU RM850i ini memiliki kabel-kabel modular berjumlah banyak di dalam paket penjualannya. Berikut ini adalah kabel-kabel yang tersedia untuk PSU Corsair RM850i ini:

Corsair RM850i 14
power ATX 20+4 pin

 

Corsair RM850i 15
power CPU 12V 4+4 pin

PSU RM850i ini merupakan salah satu produk PSU kelas premium dari Corsair, maka tidak heran jika PSU ini dilengkapi dengan 2 buah kabel modular power CPU 12V 4+4pin yang biasanya dibutuhkan oleh motherboard kelas high-end yang didesain untuk kebutuhan overclocking.

 

 

Corsair RM850i 16
power PCIe 6+2 pin untuk VGA Card

PSU Corsair RM850i ini dilengkapi dengan 3 kabel modular PCIe power yang masing-masing memiliki 2 konektor 6+2 pin.

Corsair RM850i 17 PSU Corsair RM850i ini juga dilengkapi dengan 3 buah kabel modular power SATA, dimana salah satu kabel modular power SATA ini memiliki 4 konektor power SATA dan 2 unit kabel modular power SATA lainnya hanya dilengkapi dengan 3 konektor power SATA saja.

Corsair RM850i 18
power 4-pin molex

PSU Corsair RM850 ini dilengkapi dengan 2 buah kabel modular power 4-pin molex yang masing-masing dilengkapi dengan 4 konektor 4-pin molex.

Corsair RM850i 20

Walaupun sudah cukup jarang digunakan, Corsair masih memberikan converter 4-pin moleks to 4-pin floppy di dalam paket penjualan PSU ini.

Corsair RM850i 10

PSU Corsair RM850i ini dilengkapi dengan kabel AC yang cukup tebal, seperti yang biasanya digunakan pada PSU kelas high-end berdaya tinggi.

Corsair RM850i 19
Kabel konektor Corsair-Link
Corsair RM850i 22
Fitur Corsair Link untuk kontrol PSU secara digital

Salah satu fitur yang cukup membedakan PSU Corsair Seri RMi dengan PSU Corsair seri RM, PSU RM850i ini sudah dilengkapi dengan fitur Corsair Link, seperti yang ditemukan pada seri AXi. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengatur konfigurasi dan melakukan monitoring pada RM850i ini melalui aplikasi Corsair-Link. Selain itu, para pengguna juga dapat menguji kesehatan PSU melalui fitur Corsair-Link dengan menekan tombol fan-test atau dengan melihat warna lampu LED yang digunakan, tanpa harus memasang PSU ini ke dalam sistem PC.

Secara keseluruhan, PSU Corsair RM850i ini merupakan seri minor upgrade dari PSU Corsair seri RM yang merupakan seri pendahulunya. PSU RM850i ini hanya mendapatkan upgrade berupa kontrol digital Corsair-Link sehingga penggunanya dapat memantau tegangan listrik, daya listrik yang digunakan, kecepatan putar fan pendingin, serta melakukan kontrol lainnya dengan menggunakan software Corsair-Link.

Selain semua hal di atas, hampir tidak ada upgrade lainnya yang didapatkan dari PSU seri RMi ini jika dibandingkan dengan seri RM, dimana kedua seri PSU ini memiliki desain fisik yang sama, serta sama-sama mengantongi sertifikasi 80+Gold. Mekskipun begitu, PSU RM850i ini masih menjadi pilihan PSU Full-modular yang memiliki harga lebih murah dibandingkan dengan PSU Corsair seri HXi dan AXi.

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES