in: News | July 9, 2015 | by: Cerira

Honda Pecahkan Rekor Dunia untuk Mobil Hemat BBM

Honda sets new GUINNESS WORLD RECORDS(TM) title for fuel efficiency
Honda sets new GUINNESS WORLD RECORDS(TM) title for fuel efficiency

Honda baru saja mencatatkan rekor dunia terbarunya dalam Guinness World Record untuk kategori hemat bahan bakar di benua Eropa. Untuk memecahkan rekor dunia ini, mobil Honda dikendarai sepanjang lebih dari 8387 mil, atau sekitar 13500 km melalui 24 negara di Eropa dimana untuk tiap galon rata-rata mampu digunakan untuk menempuh jarak hingga 100.31 mil, atau sekitar 161 km.

Dengan menggunakan Honda Civic Tourer 1.6 i-DTEC dengan dua anggota dari tim European Research & Development (R&D) Honda yakni Fergal McGrath dan Julian Warren, perjalanan dimulai pada tanggal 1 Juni 2015 dari Aalst, Belgia dan dilanjutkan ke 24 negara di wilayah Eropa. Dalam pernyataan yang dimuat di situs resmi Honda disebutkan bahwa perjalanan tersebut mengambil arah sesuai perputaran jarum jam dimana tim Honda sampai kembali di Aalst pada tanggal 25 Juni. Perjalanan ini pun mencatatkan angka penghematan bahan bakar yang luar biasa, melampaui kuota efisiensi Tourer 74.3mpg dengan lebih dari 25%.

Berdasarkan peraturan yang ketat, mobil harus dikendarai oleh dua sopir yang sama selama perjalanan tersebut sehingga memberikan Fergal dan Julian yang sama-sama pengemudi amatir mendapat tantangan mengemudi masing-masing sekitar 380 mil dengan waktu sekitar 7,5 jam setiap harinya. Mereka harus mencatat berbagai hal setiap masuk ke masing-masing negara, seperti sejumlah bukti dan tanda tangan saksi independen, catatan bahan bakar/mileage, pembacaan GPS, hingga video dan foto untuk membuktikan kebenaran pencapaian mereka. Untuk memastikan akurasi pemantauan rute, waktu dan jarak perjalanan, mobil yang tercatat harus dilengkapi dengan piranti pelacak yang disediakan oleh ahli telematik dan pengembalian kendaraan curian, TRACKER.

honda-world-record

Mobil juga harus menggunakan model standar tanpa modifikasi untuk menciptakan keuntungan tertentu dan dinilai oleh saksi independen baik di awal hingga akhir perjalanan. Mengisi BBM juga harus di tempat pengisian BBM umum dengan tangki yang diisi penuh di setiap pemberhentian untuk memastikan tidak ada penambahan berat. Selain itu ban pun harus memiliki tekanan yang direkomendasikan dengan keselarasan setir diatur dengan spesifikasi dari pabrik untuk mewakili konsumen biasa.

McGarth menyatakan bahwa ini sangat sulit namun mereka sangat menikmatinya. Dan mencatatkan diri pada Guinness World Record yang baru membuat semua kerja keras tersebut menjadi berharga. Judul resmi dari penghargaan di Guinness World Record sendiri adalah ‘Lowest Fuel Consumption- semua negara EU yang berdekatan’ yang diukur dalam liter per 100 km dan mil per galon untuk seluruh perjalanan.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES