Jepang Terima Tantangan Amerika Serikat untuk Duel antar Robot

Reading time:
July 10, 2015

Masih ingat film Robocop atau Pacific Rim? Tentunya masih melekat diingatan bagaimana adegan duel robot yang seru masing-masing dengan senjata andalan mereka seperti gatling gun dan pelontar roket bahkan pedang. Namun hal tersebut bukan lagi fiksi yang Anda hanya temui di layar kaca. Duel robot ini akan segera bisa disaksikan di dunia nyata.

Ini dimulai ketika seorang desainer yang bernama Kogoro Kurata. Beliau dikenal sebagai seniman yang biasa mengembangkan desain kreasi dari bahan metal, bekerjasama dengan Soidobashi Heavy Industri serta seorang artist terkenal yang biasa mengembangkan robot dijepang. Kurata menciptakan robot raksasa pertama yang dapat dioperasikan secara manual dengan manusia didalamnya atau melalui remote touch screen. Kurata menyebut robot ini sebagai mainan (yang memang sudah dipasarkan sebagai mainan). “Saya mendesain ini untuk orang berkantong tebal yang ingin rmengendalikan dan beraksi layaknya robot di film”  begitu Komentar Kurata.

Akan tetapi perlu diketahui, robot ciptaannya ini dilengkapi dengan BB Twin Gatling gun berkecepatan 6000 putaran per menit. Tak hanya itu, Lohas  launcher (Mirip Roket Launcher) yang bisa diisi dengan semacam kembang api atau peluru cat ikut disematkan. Robot Kurata ini sendiri berbobot 4082 Kg dan tinggi 3,65M.

Kurata 1
Robot Kurata

Melihat hal ini, sebuah firma bernama Megabot yang disponsori software desain terkemuka Autodesk, juga mengembangkan desain robot . Firma ini berasal dari Amerika Serikat yang di riset oleh tiga orang yaitu Matt Oerlien, Andrew Stroup dan Gui Cavalcanti. Megabot kemudian tertarik menantang Kurata untuk berduel dengan robot ciptaan mereka, MegaBot Mark II. Robot asal negeri paman Sam ini memiliki berat  5443,11 Kg dan tinggi maksimal 14,57M dan kecepatan sekitar 44 Km per jam. Secara teoritis lebih berat dan lebih tinggi dari robot buatan Kurata.

Mark

Robot yang dikembangkan MegaBots Amerika sendiri mempunyai spesifikasi mekanisme dan senjata yang bisa dibilang seimbang dengan robot Kurata Jepang. Berbeda dengan Kurata yang memilih Twin BB gatling Gun, MegaBots Mark II menggunakan senjata andalan yang dibekali peluncur roket berkecepatan sangat tinggi. Peluncur roket (dengan peluru cat) di kedua lengannya dapat meluncur dengan kecepatan 100 mil /jam (dalam demonya senjata ini dengan beberapa peluru saja dapat menghancurkan tiga jendela mobil sedan serta membuat bagian badan mobil melengkung).

Akan tetapi perbedaan sangat mencolok terletak pada mekanisme sistem dan penggeraknya. Robot Kurata dibekali software dan mekanisme canggih layaknya robot sebenarnya. “Kami hanya mengandalkan OS dan mekanisme sederhana, sementara Robot Karuta menggunakan V-SIDO yang tentunya sudah dikenal keandalannya sebagai software untuk mekanisme berbagai robot, ini tantangan untuk kami untuk mengembangkan Mark II lebih baik lagi”  Begitu ujar Cavalcanti

Setelah mendengar tantangan ini Kurata sedikit terkejut dia berkomentar serta sedikit memberikan sindiran  “…Membuat sesuatu yang besar  dan berat dari bahan baja lalu menempatkan sebuah senjata dan roda didalamnya lantas kalian sebut robot? Yah memang ciri khas Amerika selalu begitu… Ayolah buat sesuatu yang lebih canggih,” begitu sindir Kurata

Kurata sendiri menerima tantangan ini hanya dengan syarat keduanya bertarung menggunakan Melee atau pertarungan jarak dekat, Tapi dari pihak Amerika sendiri menginginkan senjata jarak jauh dalam duel ini , “Robot bertarung selalu menggunakan senjata api atau pedang, kami masih ingin hal tersebut ada, Definisi melee sendiri sangat luas, dan kami masih memperdalam hal ini”. begitu tanggapan Cavalcanti atas syarat yang dilontarkan Kurata untuk duel robot ini.

Para pengamat menilai Kurata sangat cermat menantang duel robot ini dengan pertarungan jarak dekat, selain lengan robot yang diciptakannya dapat mengenggam layaknya kepalan manusia, kemampuan robot Kurata juga dilengkapi system V-SIDO  yang mampu membaca gerakan operator robot hanya menggunakan sensor dan merubahnya menjadi gerakan mekanik canggih layaknya film Pasific Rim. Tentunya teknologi tersebut akan berguna dalam pertarungan jarak dekat, baik dengan senjata maupun tidak. Ini adalah gap teknologi yang tidak dipunyai robot Amerika Mark II.

Pertarungan duel dijadwalkan sekitar tahun depan dimana waktu yang ada akan dimanfaatkan kedua belah pihak untuk persiapan lebih matang dan tentunya upgrade serta riset lebih mendalam. “ Kami biarkan pihak Amerika untuk mengatur waktu dan tempat nya… kami siap, dan kami pasti akan menang..robot merupakan bagian dari tradisi Jepang ” Begitu ujar Kurata.

Bagaimana dengan tanggapan pembaca JagatReview? Siapa yang kira-kira akan memenangkan pertarungan del dua robot canggih ini?

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…
March 7, 2024 - 0

Capcom Pamer Gameplay Perdana Kunitsu-Gami: Path of the Goddess

Laporan finansial yang memecahkan rekor selama beberapa tahun terakhir memang…