in: Graphics Card - Notebook / Laptop | July 21, 2015 | by: Gatot Tri Yuwono

NVIDIA Battery Boost: Gaming Irit Baterai

Kesimpulan

BatteryBoost dapat dikatakan sebagai turunan fitur Frame Rate Limiter pada graphics card desktop dimana NVIDIA pertama kali memperkenalkannya pada debut perdana GeForce GTX 680. Pada graphics card notebook/laptop, fitur/teknologi tersebut ternyata dapat dimanfaatkan lebih jauh lagi untuk menghemat penggunaan daya listrik saat menggunakan tenaga baterai. Alhasil pengguna notebook/laptop dengan graphics card NVIDIA dapat lebih lama menikmati sesi bermain game tanpa perlu pusing mencari colokan listrik di dinding.

 

NVIDIA Battery Boost

 

NVIDIA BatteryBoost memang sukses dalam memperpanjang waktu hidup notebook/laptop pada saat bermain game. Hal tersebut memang harus dibayar dengan pembatasan nilai maksimal frame rate pada game. Walaupun begitu dengan pengaturan tepat, game tetap dapat nyaman dimainkan sambil menikmati panjangnya waktu hidup notebook/laptop. Angka pasti nilai maksimal frame rate saat NVIDIA BatteryBoost aktif memang tidak dapat ditentukan pastinya mengingat faktor pengguna dan game itu sendiri juga menentukan. Akan tetapi nilai 30-40 fps seharusnya sudah mencukupi.

Sejauh mana tingkat penghematan yang didapatkan dengan menggunakan fitur NVIDIA BatteryBoost memang ditentukan oleh banyak faktor. Salah satunya tentu saja komposisi komponen yang digunakan pada notebook/laptop gaming itu sendiri. Semakin tinggi performa notebook/laptop gaming tersebut biasanya akan menggunakan pasokan daya listrik lebih besar. Tentu saja besarnya kapasitas baterai juga sangat menentukan waktu pakai sistem gaming portable tersebut. Game ternyata juga menentukan sejauh mana penghematan baterai yang didapatkan saat fitur BatteryBoost aktif. Hal ini memang wajar mengingat setiap game memiliki karakteristik berbeda dalam memanfaatkan kemampuan komponen PC. Tentu saja jangan dilupakan setting pada sistem operasi dan nilai maksimal frame rate juga sangat menentukan berapa lama waktu hidup notebook/laptop gaming tersebut saat menjalankan game dengan tenaga baterai. Menariknya, jika game tersebut mampu mendapatkan frame rate jauh lebih tinggi daripada nilai maksimal frame rate, maka tingkat penghematan baterai yang didapatkan saat mengaktifkan fitur BatteryBoost akan semakin besar. Game yang dapat “berlari” di 100++ fps merupakan salah satu contoh yang akan mendapatkan tingkat penghematan yang tergolong tinggi. Perlu diperhatikan, pastikan nilai maksimal frame rate fitur BatteryBoost diatur pada nilai lebih rendah dari nilai frame rate game saat notebook/laptop gaming menjalankan game dengan tenaga baterai (BatteryBoost Off) sehingga manfaat penghematan baterai dapat benar-benar dirasakan.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES