in: Motherboard | July 20, 2015 | by: Reza Afrian Ramadhan

Memilih Motherboard: Beda Chipset Intel H81dan B85

maxresdefault

Motherboard untuk prosesor Intel Haswell memiliki chipset yang cukup bervariasi, mulai dari Z97/Z87 dan H97/H87 untuk kelas mid-end hingga high-end serta H81 dan B85 untuk entry-level hingga mid-end. Mungkin, ketika akan menyusun PC, Anda akan kebingungan menentukan chipset mana yang harus Anda pilih, terutama untuk di harga murah. Pilihan Anda untuk yang menyusun PC dengan harga murah adalah H81 dan B85. Namun, tahukah Anda perbedaan antara keduanya? Mana yang lebih cocok untuk Anda?

Jumlah Slot DIMM

small_g1_angle7

Slot DIMM adalah tempat di mana Anda memasang RAM. Chipset B85 sudah mendukung 4 slot DIMM, yang berarti dapat mendukung penggunaan hingga empat keping RAM. Memori DDR3 yang ada saat ini tiap kepingnya memiliki kapasitas maksimum hingga 8 GB, sehingga jika Anda menggunakan empat buah keping 8GB, maka maksimum kapasitas memori yang dapat Anda gunakan adalah 32 GB. Chipset B85 juga mendukung kecepatan memori hingga 1600 MHz.

Sedangkan untuk H81, chipset tersebut hanya mendukung 2 slot DIMM, dan berjalan pada kecepatan 1600 MHz. Itu berarti chipset ini hanya mendukung penggunaan memori hingga 2 keping 8GB, yang berarti maksimum 16 GB. Namun, beberapa vendor diluar sana membuat beberapa inovasi dengan menambahan jumlah slot RAM hingga empat slot, tetapi tetap saja, kapasitas memori yang dapat digunakan hanya 16 GB. Terdapat juga kekurangan lain di motherboard dengan empat slot yang “dipaksakan” tersebut, yaitu saat keempat slot digunakan, Anda hanya dapat menggunakan memori single side dan kecepatan maksimalnya hanya 1066 MHz.

Jumlah Port USB 3.0 Native

USB_3.0_log

Kedua motherboard tersebut telah memiliki port USB 3.0 hanya saja dalam jumlah yang berbeda. B85 memiliki 4 buah port USB 3.0 native secara out of the box. Sementara untuk H81, berbeda dengan pendahulunya H61 yang tidak memiliki USB 3.0, H81 sudah memiliki 2 buah port USB 3.0 native.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES