in: News | July 19, 2015 | by: Irham

Ponsel di Tahun Mendatang Tak Perlu Kartu SIM

1

Penggunaan kartu SIM di waktu mendatang sepertinya akan segera tergantikan. Hal mengacu pada rencana dari beberapa perusahaan smartphone besar, salah satunya Apple bersama dengan GSMA (GSM Association) telah berencana merilis fitur e-SIM yang secara langsung disemaatkan pada ponsel. Sehingga ponsel tidak lagi memerlukan kartu sim fisik, dan akan digantikan dengan virtual.

Selain Apple, Samsung pun juga ikut dalam pembicaraan untuk pengembangan e-SIM ini. Dengan e-SIM, nantinya pengguna akan mendapatkan fleksibilitas lebih baik dalam memilih operator selular. Tidak perlu lagi bergonta-ganti kartu SIM, pengguna hanya perlu sign-up ke operator tersedia untuk mendapatkan layanan selular. Identitas pengguna bisa digantikan menggunakan QR Code atau kode PIN.

Perusahaan selular yang telah ikut dalam pengembangan e-SIM ini diantaranya AT &T, Vodafone, Hutchison, Telefonica, Orange, Whampoa, Etisalat dan juga Deutsche Telekom. Rencananya penggunaan e-SIM akan segera diterapkan tahun depan. Seperti yang diungkapkan oleh GSMA(GSM Association) lewat sebuah statment.

“Dengan mayoritas operator yang ada, rencananya adalah untuk menyelesaikan arsitektur teknis yang akan digunakan dalam pengembangan solusi end-to-end SIM remote untuk perangkat konsumen, dengan pengadaan diantisipasi pada tahun 2016.”

Kemungkinan juga e-SIM ini akan membutuhkan spesifikasi tertentu pada smartphone sehingga hanya bisa diterapkan pada perangkat-perangkat luncuran terbaru yang mendukung. Apple sendiri kabarnya akan membawa fitur tersebut pada produk iPhone 7 yang hingga kini masih dalam bayangan.

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES