in: Notebook / Laptop | July 26, 2015 | by: Gatot Tri Yuwono

Review Notebook Gaming: ASUS ROG GL552JX

The Notebook

ASUS ROG GL552JX Notebook

ASUS ROG GL552JX tampil “gagah” dengan keseluruhan bodi dibalut warna hitam matte dipadukan dengan selingan warna merah pada karakter di tombol keyboard dan sekeliling area touchpad. Notebook gaming tersebut memiliki ukuran bodi sebesar 38,5 x 25,5 x 3,24 cm sehingga cukup memakan tempat di dalam tas saat dibawa. Tidak hanya itu dengan bobot sekitar 3 kg (termasuk power adapter), notebook gaming tersebut sanggup membuat pemiliknya untuk melakukan olahraga ringan.

ASUS ROG GL552JX dilengkapi layar LCD LED berukuran 15,6 inci dengan permukaan matte sehingga tidak memantulkan keadaan lingkungan sekitar. Kondisi seperti itu tentu saja akan menambah kenyamanan pengguna saat memakai notebook gaming tersebut. Layar tersebut memiliki resolusi gambar maksimal 1366 x 768 piksel dengan tingkat refresh rate 60 Hz. Cukup disayangkan layar LCD tersebut masih menggunakan panel tipe TN (Twisted Nematic) sehingga reproduksi warna dan sudut penglihatan tidak sebaik jika menggunakan panel tipe IPS. Walaupun begitu layar tersebut akan menguntungkan pengguna jika membutuhkan privasi mengingat jika sudut penglihatan kurang tepat maka sulit melihat dengan jelas apa yang ditampilkan pada layar.

ASUS ROG GL552JX Keyboard & Touchpad

ASUS ROG GL552JX menggunakan perangkat input keyboard lengkap dengan tombol numeric pad beserta touchpad dengan kemampuan multi-gesture dan scrolling. Komponen keyboard dilengkapi backlight warna merah sehingga tidak hanya membuat penampilan notebook lebih “keren” tetapi juga membantu melihat tombol pada kondisi kurang cahaya. Tidak hanya itu, ASUS juga memberikan tanda khusus pada tombol ASDW untuk memudahkan identifikasi oleh pengguna. Setiap tombol pada keyboard tersebut juga dirancang memiliki jarak penekanan hanya sebesar 1,8 mm sehingga mampu memberikan responsivitas terbaik saat bermain game.

ASUS ROG GL552JX Speakers

ASUS menempatkan komponen speaker pada sisi atas deretan tombol keyboard.

ASUS ROG GL552JX Power Button

ASUS menempatkan tombol power on/off bercampur dengan tombol keyboard lainnya sehingga cukup sulit ditemukan pada saat menggunakan notebook ini untuk pertama kalinya.

ASUS ROG GL552JX Left Side

Beralih pada sisi konektivitas dan perlengkapan, pada sisi kiri notebook dapat ditemukan satu port untuk komponen power adapater, D-Sub, HDMI, Ethernet/LAN (Rj-45), dan dua port USB 3.0 untuk transfer data dalam kecepatan tinggi. Dapat juga ditemukan sebuah lubang ventilasi tempat pembuangan udara panas dari dalam notebook. Tentu saja penempatan ventilasi pada sisi ini ditujukan agar tangan pengguna tidak terpapar udara panas yang dikeluarkan notebook pada saat menggunakan perangkat mouse.

ASUS ROG GL552JX Right Side

Menengok sisi kanan notebook dapat ditemukan headphone audio jackmicrophone audio jack, USB 2.0, optical drive tipe DVD writer, dan kensington security slot.

ASUS ROG GL552JX Card Reader

Perangkat card reader dengan dukungan memory card tipe SD/SDHC/SDXC/MMC dapat ditemukan pada sisi depan sebelah kiri notebook.

ASUS ROG GL552JX Power Adapter

Unit power adapter alias external power supply ini memiliki kemampuan menyuplai daya ke notebook hingga sebesar 120 Watt.

ASUS ROG GL552JX Bottom Side

Penampang sisi bawah ASUS ROG GL552JX dimana dapat dijumpai sejumlah lubang ventilasi tempat udara segar dihisap masuk ke dalam notebook.

ASUS ROG GL552JX Internal Component

Sejumlah komponen internal ASUS ROG GL552JX dapat diakses dengan mudah dengan membuka penutup yang dikunci dengan menggunakan dua buah baut. Pengguna dapat dengan mudah untuk melakukan upgrade komponen storage dan juga memori/RAM.

ASUS ROG GL552JX Memory Slots

Cukup disayangkan memang notebook gaming ini hanya memberikan satu keping memori dengan ukuran sebesar 4 GB. Untunglah ASUS ROG GL552JX menyediakan dua buah slot memori DDR3L tipe SO-DIMM. Pengguna dapat melakukan upgrade kapasitas memori hingga mencapai 16 GB dengan kecepatan 1600 MHz. Pastikan untuk menggunakan dua keping memori agar konfigurasi dual channel memory diaktifkan sehingga performa sistem lebih optimal.

ASUS ROG GL552JX Storage

ASUS ROG GL552JX dilengkapi komponen storage berupa 2,5 inci HDD dengan kapasitas 1 TB dan kecepatan putaran 5400 rpm. Dengan konektivitas SATA III 6 Gbps, komponen storage tersebut dapat dengan bebas di upgrade dengan kapasitas lebih besar atau menggantinya dengan SSD untuk responsivitas dan performa sistem lebih baik.

ASUS ROG GL552JX M.2 Slot

ASUS ROG GL552JX menyediakan sebuah slot M.2 dimana membuatnya semakin menarik. Ini berarti pengguna dapat menggunakan konfigurasi storage SSD M.2+HDD sehingga pengguna mendapatkan kombinasi keuntungan dari menggunakan kedua perangkat tersebut, responsivitas dan performa maksimal sistem tanpa perlu mengorbankan lapangnya kapasitas storage. Pengguna dapat menggunakan SSD untuk menempatkan sistem operasi beserta aplikasi seperti game dan menggunakan HDD untuk menyimpan data yang jarang diakses. Tentu saja kombinasi SSD M.2+SSD SATA III 6 Gbps juga dimungkinkan.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES