in: Gadget | July 2, 2015 | by: Dimas Galih Windujati

Review Xiaomi Mi 4i: Flagship Xiaomi Pertama di Indonesia

MIUI 6 Lollipop!

Xiaomi Mi 4i - Lockscreen

Akhirnya! Itulah yang pertama kali kami katakan saat peluncuran smartphone Xiaomi Mi 4i ini. Mengapa? Pada akhirnya di Indonesia muncul smartphone dengan MIUI 6 yang berjalan di sistem operasi Android Lollipop. Lollipop sendiri memiliki beberapa feature dan peningkatan yang lebih baik dari Kitkat. Sayang memang, Lollipop yang digunakan belum mencapai 5.1 yang berarti masih membawa beberapa bug bawaan Android.

Xiaomi Mi 4i - About

Berbicara mengenai bug, Xiaomi Mi 4i memiliki bug yang cukup mengganggu. Jika smartphone ini dinyalakan lebih dari sehari dengan beberapa aplikasi yang tersisa pada recent app-nya, Mi 4i akan mengalami lag yang cukup parah. Dan saat semua pengujian berakhir, sebuah firmware update pun muncul dengan versi 6.5.6 yang ternyata menghapus masalah lag dan panas yang dijanjikan pada versi sebelumnya. Well, setidaknya tidak lebih panas dari sebelumnya dan saat dinyalakan kurang dari dua hari tidak terasa adanya lag.

RAM yang tersisa juga masih menjadi masalah pada MIUI. Dengan RAM 2 GB untuk sehari-hari, MIUI hanya menyisakan sekitar 700MB untuk digunakan aplikasi yang lainnya saat baru pertama kali dinyalakan. Nyatanya setelah diinstalasikan beberapa aplikasi, per hari kami hanya mendapati sisa RAM sekitar 300MB dari 2 GB yang diberikan. Walaupun begitu, karena Lollipop memiliki manajemen memori yang sangat baik, sisa RAM yang dapat dibilang cukup kecil ini pada firmware terakhir tidak menyebabkan perangkat pelan dan lag, setidaknya dalam jangka waktu yang pendek. Lag akan terjadi saat smartphone ini sudah berhari-hari tidak direstart.

Xiaomi Mi 4i - HomescreenXiaomi Mi 4i - Task Manager

Oleh karena smartphone ini menggunakan MIUI 6, hampir tidak dapat dirasakan bahwa Mi 4i sudah menggunakan Lollipop. Oleh karenanya, pengguna yang melakukan migrasi dari Redmi 2 ke Mi 4i hampir pasti tidak akan merasakan perbedaan antar keduanya. Hal tersebut berarti notification drawer, setting, dan lain sebagainya sudah dimodifikasi sehingga sangat berbeda dengan standar Android.

Xiaomi Mi 4i - QuickSettingXiaomi Mi 4i - Setting

Layar: 5 Inci Full HD Sunlight Display!

Xiaomi Mi 4i masih menggunakan panel In Plane Switching yang ternyata kali ini diproduksi oleh Sharp atau JDI. Uniknya lagi, smartphone ini telah menggunakan teknologi OGS dari Corning dengan Concore Glass yang juga memiliki ketahanan terhadap goresan. Walaupun begitu, mengeluarkan kocek lebih sampai dengan seratus ribu rupiah untuk membeli sebuah tempered glass atau lapisan anti gores akan membuat layar smartphone yang satu ini lebih aman terhadap goresan.

Layar yang digunakan oleh Mi 4i diklaim memiliki warna yang sangat baik. Hal tersebut dikarenakan Xiaomi menggunakan layar yang memiliki color gamut NTSC 95%. Tentunya, hal ini menandakan bahwa layar yang diproduksi oleh Sharp/JDI tersebut dapat menampilkan palet warna lebih baik lagi, seperti saat menampilkan warna merah akan lebih merah dibandingkan dengan smartphone lainnya.

Terakhir, Xiaomi pun memperkenalkan Sunlight Display. Fungsi dari Sunlight Display ini dapat dibaca pada artikel yang satu ini. Sunlight Display akan membuat tampilan lebih tajam dan lebih jelas saat berada di bawah terik matahari. Dan pada kondisi yang tidak menyilaukan mata, layarnya pun akan diredupkan sehingga diklaim akan meningkatkan daya tahan baterainya.

Resolusi layar yang dimiliki oleh smartphone yang satu ini adalah 1920 x 1080. Dengan resolusi seperti ini, tentu saja sudah lebih dari cukup untuk dipakai menonton video dan bermain game. Smartphone ini pun juga memiliki tingkat responsivitas yang sangat baik. Walaupun begitu, biasanya menggunakan layar beresolusi tinggi akan membuat baterai lebih cepat tersedot dayanya.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES