in: News | July 28, 2015 | by: Irham

‘Stagefright’, Ancaman Baru Pengguna Android

1

Zimperium Mobile Security baru saja mengumumkan hadirnya ancaman baru bagi pengguna Android. Ancaman ini disebut sebagai “Stagefright”, dan kerentanan ini diprediksi tengah mengancam sekitar 950 juta pengguna Android di seluruh dunia. Adapun perangkat yang paling rentan terkena StageFright adalah smartphone yang masih menggunakan Android berbasis Jelly Bean atau generasi sebelumnya.

Zimperium baru akan merilis informasi mengenai serangan Stagefright ini pada ajang konferensi Black Hat bulan depan. Tapi secara garis besar, Zimperium menginformasikan bahwa Stagefright menargetkan penyerangan melalui proses video, khususnya pada fitur pesan MMS pada ponsel. Malware tersebut akan dikirimkan melalui pesan media untuk menyerang sistem.

Setelah serangan masuk ke sistem, hacker akan memiliki kemampuan untuk mengoperasikan ponsel secara remote dari jarak jauh. Semua komponen seperti microphone, camera, dan tombol fungsi lainya akan bisa dikendalikan. Lebih bahayanya lagi, pesan yang terkirim ke ponsel pengguna tidak perlu menunggu untuk dibuka agar bisa tereksekusi.

Google sendiri telah berupaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan patch update software. Namun presentasi jumlah untuk perangkat ponsel berbasis Android paling anyar (Lollipop) baru sekitar 12%. Masih begitu banyak perangkat smartphone yang menggunakan Android versi lawas Jelly Bean dan di bawahnya.

 

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES