in: Tips | July 2, 2015 | by: Dian Syarifuddin

Tips WhatsApp: Kirim Video Langsung dari Kamera Smartphone

whatsapp1

Seiring perkembang dan persaingannya, aplikasi WhatsApp berbenah dengan melakukan update menghadirkan fitur-fitur baru dalam memberikan pengalaman yang lebih menarik untuk para penggunanya. Setelah sebelumnya kami sempat membahas fitur mengirim video dari Gallery, kali ini kami mencoba ingin memberikan tips masih seputar aplikasi WhatsApp, bagaimana cara mengirim video ke rekan Anda langsung dari kamera smartphone Anda.

Pada fitur ini, pihak WhatsApp tampak memberikan beberapa kemudahan penggunaan. Anda bisa mengirim video yang direkam, lalu mengeditnya kembali untuk memilih durasi waktu yang ingin ditentukan. Biasanya video dengan durasi antara 10 – 20 detik sudah lebih dari cukup. Apalagi bagi Anda yang hanya sekedar ingin melepas rindu kepada rekan atau saudara yang berada ditempat yang jauh untuk sekedar mengucap salam atau memberikan selamat hari raya. Tentunya fitur ini akan sangat membantu sekali.

Berikut ini adalah langkah-langkah mengirim video ke rekan atau saudara Anda sesama pengguna WhatsApp langsung dari kamera smartphone:

1. Buka windows chat rekan Anda yang akan menjadi penerima video yang Anda rekam

02

2. Tekan icon berbentuk “klip” yang ada di bagian pojok kanan atas, lalu akan muncul menu seperti di bawah ini.

05

 

 

3. Tekan icon “Video” yang ada di bagian pojok kanan atas.

01

3. Setelah tombol icon “Video” ditekan, proses perekaman langsung dari kamera smartphone dapat dilakukan dengan menekan tombol “record” terlebih dahulu.

02

4. Setelah proses rekam dirasa sudah cukup, Anda dapat melakukan editing seperti memotong beberapa scene yang ingin ditampilkan sebelum dikirim dengan menggeser tombol bar yang terdapat di kedua sisi.

03

4. Setelah proses editing dirasa sudah cukup, Anda bisa perhatikan size video dan juga durasi waktu yang berubah. Dimana size sebelumnya 9.2MB kini menjadi 6.3MB, lalu file pun siap dikirim.

01

Perlu kami ingatkan kembali, pengiriman file video biasanya membutuhkan koneksi internet yang lancar dikarenakan ukuran file yang terbilang cukup besar. Ada kemungkinan jika pengiriman file terputus, maka pengiriman video bisa batal dan Anda harus mengirimkan ulang dengan menekan “Retry”.

Selamat mencoba dan selamat berbagi video ke rekan atau keluarga Anda! 🙂

Ingin tahu berbagai tips WhatsApp di Android yang lain? Kami telah merangkumnya untuk Anda di sini: Kumpulan Tips untuk WhatsApp di Android

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES