in: Desktop - Top List | July 21, 2015 | by: Dedy Irvan

Upgrade Performa PC dengan 500 Ribuan Rupiah

HDD (Hard Disk Drive)

Harddisk ya harddisk. Fungsinya ya untuk menyimpan data, untuk apa saya upgrade? Ya benar, harddisk memang untk menyimpan data. Akan tetapi, semua data yang akan diolah kan diambil dari storage/penyimpanan data. Jadi, kecepatan harddisk akan sangat menentukan performa PC secara keseluruhan.
Makin tua harddisk-nya makin lamban performanya. Jadi, jika Anda masih menggunakan harddisk tua dengan ukuran 160GB hingga 320GB, ada baiknya untuk menambahkan sebuah harddisk baru yang “fresh” performanya. Instalasikan Windows di harddisk baru tersebut, dan gunakan harddisk lama untuk menyimpan data-data saja.

HDDs

SARAN: Dengan dana 500 ribuan, pilihan Anda akan terbatas pada harddisk internal 3.5” 500GB SATA3. Pilihlah yang memiliki spesifikasi 7200 RPM agar performa optimal. Jangan pilih di bawah 500GB karena umumnya HDD di bawah 500GB adalah HDD lama berteknologi tua.

 

RAM (Random Access Memory)

Apakah konfigurasi RAM Anda masih salah? Kurang ukurannya? Atau mungkin kurang kecepatannya? Sebagai acuan dasar, Anda bisa membaca artikel kami terdahulu mengenai Mitos dalam Memilih RAM.
Selain itu, Anda juga bisa membaca hasil tes memori untuk AMD APU dalam Mega Test 13 Memori DDR3.

RAMs

SARAN: Jika Anda pengguna APU AMD, RAM dual channel adalah suatu kewajiban. Tanpa RAM dual channel, performa grafis dari APU tersebut akan tertahan dan tidak bisa “bersinar”. Setidaknya, gunakan RAM dengan konfigurasi 2x 2GB (total 4GB) DDR3-1600. Kombinasi ini bisa diperoleh dengan dana kisaran 450-500 ribuan.

SARAN: Jika Anda ingin memainkan game berat masa kini, RAM 4GB sudah tidak cukup lagi. Anda sebaiknya melakukan upgrade agar sistem menjadi total 8GB (2x 4GB). Penambahan sekeping RAM 4GB lagi akan membutuhkan dana di kisaran 400 ribuan.

 

Di halaman berikutnya Anda bisa temukan opsi upgrade performa paling signifikan dengan 500 ribuan rupiah.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES