in: News | July 29, 2015 | by: Irham

WiPower, Teknologi Pengisian Wireless Terbaru Dari Qualcomm

WIPower

Qualcomm baru saja mengumumkan teknologi pengisian daya terbaru mereka yang merupakan pengembangan dari inovasi wireless charging. Teknologi tersebut memungkinkan pengisian daya pada semua perangkat teknologi berbahan logam. Termasuk pada perangkat smartphone.

Pengisian daya wireless yang disebut sebagai WiPower ini berebeda dengan pengisian wireless  pada umumnya yang menggunakan standar teknologi Qi ataupun PMA. WiPower menggunakan teknologi pengisian Rezence, yang merupakan pengembangan milik A4WP (Alliance for Wireless Power). AW4P merupakan aliansi yang terdiri dari beberapa perusahaan teknologi ternama diantaranya Samsung, Intel, Lenovo, Microsoft, LG, ASUS, Motorola dan yang pasti juga Qualcomm.

Seperti yang telah didemokan oleh A4WP di awal Januari silam, teknologi Rezence memungkinkan pengisian perangkat teknologi tanpa adanya kontak fisik dengan terminal pengisian sekalipun. Sehingga perangkat semisal ponsel atau gadget lain, tetap bisa melakukan pengisian meskipun berada di dalam kantong saku atau diletakan diatas meja tanpa harus bersentuhan dengan adaptor pengisian. Ini akan bekerja pada perangkat-perangkat yang memiliki material fisik berbahan metal, sehingga mampu menyerap energi secara langsung.

Gelombang energi yang dipancarkan oleh terminal pengisian diklaim memiliki frekuensi yang toleran hanya pada perangkat berbahan metal. Selain itu dengan menggunakan pengisian WiPower, pengisian daya bisa dilakukan sama cepatnya dengan teknologi pengisian wireless dengan standar Qi dan juga PMA.

Namun Qualcomm belum  mengumumkan secara pasti kapan teknologi ini akan diluncurkan dan tersedia bagi konsumen. Untuk lebih jelas mengenai cara kerja WiPower bisa anda simak pada cuplikan video berikut ini.

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES