in: Graphics Card | August 28, 2015 | by: Reza Afrian Ramadhan

AMD Resmi Luncurkan R9 NANO

Tanggal 27 bulan Agustus merupakan hari yang cukup penting bagi AMD dan para enthusiast PC. Apa pasal? AMD baru saja mengumumkan secara resmi tentang kehadiran graphics card mereka yang terbaru dan cukup banyak ditunggu bagi banyak orang. Graphics card ketiga dari AMD yang menggunakan teknologi memori HBM, R9 NANO!

AMD 1

R9 NANO sendiri memiliki ukuran yang sangat kecil, yakni 40% lebih kecil daripada Radeon R9 290X. Board dari graphics card itu sendiri memiliki ukuran hanya 6 inch. Spesifikasi dari R9 NANO ini juga cukup mengejutkan banyak pihak, spekulasi sebelum AMD secara resmi mengumumkan NANO tersebut adalah performa R9 NANO akan diposisikan dibawah R9 FURY, tapi itu semua terbantah. AMD Radeon R9 NANO memiliki spesifikasi yang sama dengan R9 FURY X, yang merupakan graphics card paling kencang yang AMD miliki saat ini. Kedua graphics card tersebut memiliki spesifikasi yang mirip seperti penggunaan 4096 stream processors, 256 Texture Units, 64 Compute Units, dan penggunaan HBM versi 1 dengan kecepatan memori clock 500 MHz. Hanya saja, R9 NANO memiliki GPU clock 50 MHz lebih rendah, yakni 1000 MHz.

AMD 2

 

Menariknya lagi, R9 NANO diklaim memiliki konsumsi daya 40% lebih rendah dari R9 290X, yang artinya R9 NANO juga lebih hemat jika dibandingkan dengan FURY X. Konsumsi daya yang rendah tersebut membuat R9 NANO memiliki target temperatur kerja yang rendah, yakni 75C. Hal tersebut juga berimbas pada tingkat kebisingan, AMD mengklaim bahwa R9 NANO tersebut memiliki tingkat kebisingan yang rendah, bahkan dapat digunakan di perpustakaan. Dengan spesifikasi seperti itu, R9 NANO bisa dikatakan adalah sebuah FURY X yang ukurannya dikecilkan serta diberi power limit. Richard Huddy sendiri mengatakan bahwa  R9 NANO dapat dirubah menjadi FURY X hanya dengan merubah power limit nya, begitu juga berlaku untuk sebaliknya.

AMD 3

AMD 4

Dengan spesifikasi dan performa dari R9 NANO, graphics card tersebut adalah solusi bermain 4K untuk sistem mini-ITX. Harga dari R9 NANO sendiri sudah pasti mirip dengan R9 FURY, yakni USD $649. Untuk ketersediaan barang sendiri, AMD Indonesia masih belum dapat memberi kepastian kapan R9 NANO hadir d Indonesia.

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES