Direct Release: Membangun Identitas Online yang Kuat dengan Domain yang Tepat

Reading time:
August 20, 2015
Logo_Verisign_2012

JAKARTA, Indonesia (19 Agustus 2015) – Di era serba digital seperti sekarang kini, penting bagi perusahaan untuk menyadari perlunya membangun identitas brand online ketika menjalankan bisnis. Hal tersebut tidak hanya berpengaruh terhadap visibilitas perusahaan, tetapi juga dapat menjadi salah satu cara utama untuk tetap hadir dan terikat di benak konsumen di tengah pasar yang luas dan kompetitif, terutama di Indonesia dimana APJII mencatat sebanyak 88,1 juta masyarakat menggunakan internet secara aktif selama tahun 2014. Adanya penggunaan yang luas akan mesin pencarian (search engine) membuat para pelaku bisnis mendaftarkan nama domain pilihan mereka yang secara khas menggambarkan brand mereka, lokasi yang uniik, atau ungkapan yang mudah diingat untuk membantu para pengunjung menemukan situs mereka secara online.

Ketika kita berbicara mengenai identitas online, kita berbicara mengenai bagaimana membangun sebuah situs perusahaan yang hebat, yang tentunya membutuhkan registrasi nama dan domain yang valid. Di masa kini, organisasi maupun perusahaan dapat memilih dari sekitar 500 ekstensi Nama Domain Tingkat Tinggi (gTLDs) yang berbeda untuk mendaftarkan domain bagi situs mereka. Menurut PANDI, terdapat lebih dari 400.000 nama domain dengan beragam ekstensi yang terdaftar hingga Juni tahun ini di Indonesia. Kondisi tersebut mencerminkan perkembangan dan potensi bisnis e-commerce di Indonesia. Angka tersebut juga diprediksi akan mencapai pertumbuhan sebesar 42% dari tahun 2012 hingga 2015, sebagaimana dikutip dari sebuah studi dari lembaga riset ICD Research.

Oleh karena itu, memilih nama domain yang tepat merupakan hal penting dalam membangun identitas online yang berdampak. Terbukti bahwa area baru di internet tidak dapat memberikan jaminan bagi para pengguna dalam meningkatkan bisnis secara online. Seiring dengan perkembangan pelaku bisnis yang semakin kreatif dalam strategi pemasaran online mereka, kebanyakan pengguna tetap mengandalkan domain .com sebagai standar global dalam menjalankan bisnis mereka secara online, mengingat kredibilitas dan pengakuan yang muncul setelah penggunaan ekstensi domain .com.

Langkah selanjutnya setelah memilih ekstensi domain .com, adalah memilih nama untuk situs itu sendiri. Sebuah penelitian yang dilakukan Verisign menyatakan bahwa perusahaan yang merasa sulit dalam menemukan nama yang tepat akan terkejut saat mengetahui bahwa mereka akan menemukan nama yang tepat dalam percobaan yang ketujuh dari total sepuluh percobaan. Tidak hanya itu, fakta tersebut juga menunjukkan bahwa banyak sekali domain dengan nama singkat yang terdaftar sebelumnya sudah tersedia sekarang dan didaftarkan oleh para pelaku bisnis dan perorangan setiap hari.

Apabila para pengguna menginginkan nama domain yang lebih singkat, maka para pengguna sangat mungkin mendapatkannya tanpa harus ke pasar sekunder atau beralih ke ekstensi domain lainnya. Berdasarkan data registrasi .com yang dimiliki oleh Verisign selama semester pertama di tahun 2014, sekitar 13% dari registrasi harian merupakan nama domain yang singkat dengan hanya lima sampai enam karakter. Yang lebih menarik lagi adalah kebanyakan nama tersebut belum pernah didaftarkan sebelumnya.

Namun demikian, sebuah nama domain yang baik tidak selalu harus singkat. Banyak ahli yang merekomendasikan penggunaan nama deskriptif yang lebih mudah diingat. Meskipun banyak para pelaku bisnis berusaha mendaftarkan nama domain yang singkat, banyak juga nama-nama domain yang lebih panjang dan deskriptif yang telah diregistrasi oleh pengguna.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…