IDF15: PC Adalah Platform Utama untuk Gaming!

Author
Dedy Irvan
Reading time:
August 19, 2015
Game Mega Session IDF15 (41)

Bicara soal dunia game, PC merupakan salah satu komponen yang sangat erat kaitannya dengan dunia tersebut. Intel, salah satu pemain besar di dunia PC, melalui salah satu sesi di Intel Developer Forum 2015 (IDF15), memaparkan bagaimana PC menjadi pusat dari game di dunia. Perkembangan yang dialami oleh PC akan menjadi pemicu bagaimana game baru dikembangkan dan ke mana arah pengembangan itu akan dibawa.

Game Mega Session IDF15 (2)
Kirk Skaugen (kiri) dan Doug Fisher (kanan) ketika membawakan sesi diskusi di Mega Session IDF15

Melalui perwakilan mereka, Doug Fisher, Senior VP & General Manager Software and Services Group, dan Kirk Skaugen, Senior VP dan General Manager Client Computing Group, Intel menekankan bahwa banyak sekali hal yang membuktikan bahwa PC adalah platform utama untuk gaming. Di Mega Session IDF15, kedua petinggi Intel ini mengumpulkan berbagai pihak yang terkait dengan dunia game untuk membahas bagaimana perkembangan komputer mempengaruhi game dan perkembangan game mempengaruhi berbagai hal lain.

Teknologi untuk Mengatasi Hambatan Pengembangan Game

Salah satu hambatan terbesar dalam pengembangan suatu game adalah bagaimana mewujudkan suatu ide kreatif ke dalam elemen di dalam game. Banyak sekali ide-ide menarik yang mungkin sulit diwujudkan karena sulitnya mengolah data yang ada untuk dimasukkan ke game yang dikerjakan. Intel menghadirkan David dari Lego Future Lab dan Dave dari iRacing untuk membahas bagaimana hambatan itu kini bisa diatasi dengan teknologi, termasuk salah satunya RealSense dari Intel.

Game Mega Session IDF15 (9)

Dave dari iRacing menyebutkan bahwa tantangan terbesar mereka adalah mengintegrasikan data hasil pemindaian track balap ke dalam game besutan mereka. Hal itu benar-benar membutuhkan kemampuan proses yang sangat besar, karena selain prosesnya yang panjang, datanya sendiri memang memiliki ukuran sangat besar. Namun, dengan teknologi yang ada, pemindaian kini bisa diselesaikan dengan lebih cepat, karena teknologi yang ada memang sudah memungkinkannya.

Game Mega Session IDF15 (12)
Lego Future Lab. menampilkan pemindaian realtime objek-objek yang ada di meja. Objek ini nantinya akan membangun dunia di game Lego.
Game Mega Session IDF15 (13)
Dunia dengan basis objek yang dipindai telah siap digunakan.
Game Mega Session IDF15 (15)

Sementara David dari Lego Future Lab. menyebutkan bahwa mereka juga membutuhkan kemampuan pemindaian yang baik untuk membawa dunia impian anak-anak ke visual yang nyata. Lego Future Lab., dengan bantuan RealSense, berhasil menghadirkan dunia Lego yang dibuat dari hasil pemindaian objek-objek yang ada. Proses pemindaian yang cepat membuat pembuatan dunia tersebut bisa diselesaikan dalam sekejap.

Game Mega Session IDF15 (6)
Skaugen tengah dipindai untuk dimasukkan ke dalam game
Game Mega Session IDF15 (7)

Selain untuk menghasilkan dunia di dalam game, pemindaian dengan RealSense juga bisa digunakan untuk membangun karakter dalam game berdasarkan fisik seseorang di dunia nyata. Untuk hal ini, Kirk Skaugen didapuk menjadi model untuk dipindai dan nantinya akan dimasukkan ke dalam demo suatu game. Pemindaian untuk karakter dalam game ini juga sudah ditampilkan di Computex 2015 lalu, tentunya oleh Intel.

Game Mega Session IDF15 (24)
Pemindaian boneka koala untuk menjadi objek dalam game
Game Mega Session IDF15 (25)
Hanya dalam 5 menit saja, boneka tersebut siap diproses untuk menjadi objek dalam game.

Tidak hanya teknologi RealSense saja yang akan mempermudah pengembang game mengatasi hambatan yang ada, tetapi juga berbagai teknologi baru lain. Teknologi-teknologi baru yang hadir saat ini akan banyak mempengaruhi arah perkembangan game dan melahirkan suatu hal yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya. Perwakilan dari pengembang Star Citizen menyebutkan salah satunya, yakni 3D XPoint, memori baru kreasi Intel dan Micron, yang akan membuka kemungkinan baru di industri game. Seperti apa? Mari kita tunggu saja!

Gaming: Dari Hobi ke Pekerjaan

Perubahan di dunia game sendiri ternyata membuka banyak sekali peluang baru, baik dari sisi pengembang maupun pemain. Untuk pengembang, hadirnya berbagai teknologi baru seperti yang telah dibahas di atas membuat mereka kini bisa menciptakan game dengan elemen-elemen unik yang hanya bisa dihadirkan berkat teknologi modern. Sementara dari sisi pemain, banyak juga peluang yang terbuka yang bisa dimanfaatkan untuk mencari suatu hal yang lebih dari game, bahkan hingga menjadikan gaming itu sendiri sebagai pekerjaan.

Game Mega Session IDF15 (17)

Beberapa waktu terakhir ini, kita dapat dengan mudah mengikuti sepak terjang gamer sebagai seorang “selebriti” di Internet melalui situs streaming, seperti Twitch dan YouTube. Hal itu tentunya membuka peluang bagi seorang gamer untuk menunjukkan kemampuannya ke publik dan menjadikannya sebagai sebuah pekerjaan. Uniknya, streaming sesi live gaming kini semakin mudah dengan hadirnya teknologi saat ini, termasuk dari Intel. Kebutuhan akan berbagai bentuk streaming yang menarik membuat teknologi Intel menjadi semakin relevan di dunia nyata.

Game Mega Session IDF15 (19)
CGL Red, tim gamer perempuan berprestasi yang didukung penuh oleh Intel.
Game Mega Session IDF15 (22)
CGL Red mendiskusikan bagaimana perubahan di dunia game membawa perubahan mendasar dari arti “gaming” itu sendiri, dari sekedar hobi menjadi suatu profesi.

Profesi lain yang hadir dari perubahan di dunia game tentunya adalah professional gamer. Banyak sekali tim profesional yang terbentuk khusus untuk mengikuti turnamen-turnamen besar, dan para anggotanya pun menjadikan kegiatan ini sebagai pekerjaan utama. Untuk membahas hal ini, Fisher dan Skaugen menundang CGL Red, tim profesional yang seluruh anggotanya adalah gamer perempuan. Tim ini sendiri sudah memiliki prestasi tingkat internasional, dan juga didukung penuh oleh Intel.

Developer Game: Penghargaan untuk Kreasi

Game Mega Session IDF15 (34)

Melanjutkan perubahan di dunia game yang membawa banyak sekali hal baru, Intel ingin agar perubahan tersebut bisa terus terjadi dengan hadirnya berbagai kreasi menarik. Intel sendiri mencoba mendorong para developer dengan Achievement Unlocked, yang merupakan program yang mengajak para developer menciptakan kreasi baru dengan bantuan produk dan teknologi Intel. Program ini sendiri akan menjangkau komunitas developer, menyediakan berbagai bantuan, hingga memberikan penghargaan untuk developer berprestasi.

Game Mega Session IDF15 (36) Game Mega Session IDF15 (37)

Sebagai bagian dari program itu, Intel dan Steam, salah satu platform distribusi online ternama dunia untuk game, menggelar Level Up Contest. Kontes ini memacu para developer untuk beradu kreasi untuk mengimplementasikan teknologi terbaru ke dalam game. Hadiah dari kontes ini sendiri tidak main-main, yaitu dukungan penuh dari Intel dan Steam, serta game kreasi mereka akan dipublikasikan melalui Steam.

Intel Atom X7: Inti Perangkat Mobile untuk Gaming

Game Mega Session IDF15 (30) Game Mega Session IDF15 (29)

Setelah membahas game, dilanjutkan dengan sang pemain game, ke pembuat game, Intel akhirnya membahas perangkat yang bisa digunakan untuk memainkan game. Intel menampilkan tablet dengan Atom X7, SoC mobile baru yang akan membawa pengalaman bermain game yang lebih baik ke perangkat mobile. Di sesi ini, tablet dari Acer dengan Atom X7 ditampilkan untuk memainkan beberapa game, yang tentu saja dilakukan oleh anggota tim CGL Red.

Di Mega Session IDF15 ini Intel juga menampilkan demo live overclocking di panggung, tepat sebelum sesi dibuka. Penasaran dengan apa yang ada di demo overclocking ini? Tunggu pembahasan kami di artikel terpisah!

Tags:

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…