in: News | August 15, 2015 | by: Fernando B. Sitorus

Intel Rilis Heatsink Untuk Prosesor Skylake

Seperti kita ketahui sejak dirilisnya prosesor generasi ke-6, Intel mengeluarkan prosesor unlock mereka ke pasaran dengan paket tanpa pendingin heatsink seperti generasi sebelumnya. Alasan Intel pun cukup sederhana, karena Skylake memang dirilis dengan unlock multiplier yang tentunya di desain untuk overclocking, buat apa pendingin standar?

Secara logika pendingin standar pasti tidak akan terpakai. Pengguna prosesor jenis K umumnya akan membeli heatsink dari pihak ketiga yang pastinya dapat melepas panas lebih baik daripada standard stock heatsink.

Intel 1

Akan tetapi, tidak seperti biasanya Intel akhirnya memutuskan memproduksi varian heatsink untuk Skylake. Sebuah situs IT asal Jepang memperlihatkan foto-foto heatsink buatan Intel dan heatsink tersebut terlihat sangat berbeda dari yang umumnya kita lihat. Heatsink terbaru ini berukuran lebih besar yang memang diperuntukkan untuk Overclocking.

Intel 5                                                  Intel 3

Diameter terlihat mirip dengan standar heatsink Intel pada umumnya, namun heatsink ini memiliki tinggi lebih dari 2 kali lipat heatsink standard LGA 1150. Bagian dasarnya terlihat menggunakan bahan tembaga yang dapat menyerap panas lebih cepat. Sementara di bagian kipas pendingin juga mengalami perubahan yang kali ini Intel mempersenjatainya dengan jenis PWM fan yang tentunya jauh lebih baik. Tipe kipas pendingin ini juga biasa diadopsi fan heatsink premium yang popular di pasaran.

Intel 4

Mengenai namanya, Intel menamakan pendingin ini dengan kode TS15A dan belum ada keterangan resmi dari pihak Intel mengenai hal ini. Tetapi jika kita melihat jenisnya heatsink ini merupakan salah satu varian terbaru dari Intel Thermal solution yang biasanya diperuntukan untuk grade server. Harganya pun tidak terpaut jauh, heatsink ini dijual di Jepang sekitar US$ 41.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES