in: News | August 20, 2015 | by: Fernando B. Sitorus

MegaBots Minta Bantuan Untuk Sponsori Duel Robot dengan Kurata

Masih ingat kabar beberapa bulan lalu tentang rencana duel robot raksasa asal Amerika Serikat, MegaBots Mark 2 dan robot asal Jepang, Kurata? Rencananya duel robot ini akan diadakan musim panas tahun depan. Seperti diketahui, Kurata menerima tantangan duel ini dengan syarat pertarungannya menggunakan Melee atau pertarungan jarak dekat. Ini merupakan kelemahan dari robot MegaBots, dimana desain robot ini memang tidak didesain untuk pertarungan tersebut.

Sementara robot Kurata memang dibekali navigasi dan kontrol canggih bahkan lengan robot ini dapat menggenggam layaknya tangan manusia sehingga akan cocok untuk pertarungan Melee. Berbeda dengan MegaBots yang masih dalam pengembangan, Kurata sudah dipasarkan sebagai mainan robot untuk kalangan berkantong tebal.

Karena memang dana sangat terbatas, pihak MegaBots akhirnya mengajukan permintaan dana bantuan sponsor untuk mengembangkan MegaBots agar lebih siap. Bila dana sudah terkumpul pihak MegaBots akan menjalani kerjasama kesepakatan dengan berbagai pihak industri terkait untuk membuat MegaBots sempurna. Tak tanggung-tanggung pihak yang terlibat membantu mengembangkan MegaBots adalah pabrikan yang memang berkompeten dalam bidangnya.

MB 1

Dari roda penggerak sendiri pihak Megabots menggandeng pihak Howe & Howe Technologies yang sudah berpengalaman membuat roda track pada berbagai macam kendaraan robot atau kendaraan ekstrim lainnya. Sementara untuk peningkatan kendali robotic dan kestabilan manuver dikala bertarung, MegaBots bekerjasama dengan pihak IHMC Robotics yang baru-baru ini memenangkan kompetisi bergengsi dari DARPA. Dari pemerintah Amerika Serikat sendiri pun ikut berkontribusi lewat andilnya dalam fitur safety atau keselamatan bagi operator robot dikala duel. Tak tanggung-tanggung Pemerintah Amerika Serikat menunjuk pihak Nasa untuk hal ini

MB 5

Untuk segi tampilan dan efek lainnya, MegaBots akan bekerjasama dengan Fanco Creative yang memang sudah berpengalaman dalam membuat visual cat warna yang hidup pada film-film Box Office seperti Star Wars, Matrix dan Terminator. Diharapkan dengan menggandeng beberapa pihak, tampilan MegaBots akan jauh lebih menarik dan mempresentasikan robot khas Amerika Serikat tentunya.

Untuk software dan program-nya, pihak Autodesk sejak awal telah menjadi sponsor utama berkontribusi untuk MegaBots. Tujuan MegaBots mengembangkan ini untuk mengubah konsep MegaBots dari julukan “Buldozer Raksasa” menjadi robot yang lebih hidup dari segi tampilan dan kinerja. “Kami ingin MegaBots lebih nyata bukan hanya khayalan yang bisa kita lihat sewaktu kita kecil dalam film, kami membuat MegaBots nyata dan siap bertarung dengan robot lain”, begitu komentar Gui Calvacanti.

Beberapa tawaran menarik sudah dicanangkan untuk menggalang dana dalam mengembangkan MegaBots. Mulai dari penjualan T-shirt, sampai dengan tawaran mengemudikan duel simulasi dengan robot Kurata. Pihak MegaBots dilaporkan sedikitnya membutuhkan dana sekitar US$ 1.8 Juta, tentunya jumlah yang tidak sedikt untuk sebuah kampanye duel robot. “Kami menggandeng pihak-pihak terbaik karena kami ingin robot terbaik, mereka akan bekerja dengan kami secara full time, dan mereka dibayar untuk itu kita butuh dana yang tidak sedkit”, ujar Gui Calvacanti sang pelopor pembuat MegaBots.

Bila dananya sukses terkumpul rencananya proyek ini akan direalisasikan untuk kompetisi internasional layaknya olahraga kompetisi yang ada pada umumnya. Mereka nantinya akan mencoba menggabungkan dua konsep balap seperti F1 dan UFC dalam satu ajang bergengsi kompetisi robot antar negara.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES