in: News | August 4, 2015 | by: Yossie Dwi P

Pengguna Android Lollipop Mencapai 18,1 Persen

lollipop

Perlahan tapi pasti, sistem operasi terbaru Google, Android 5.0 Lollipop, semakin banyak digunakan oleh para pengguna. Hal ini tak lepas dari banyaknya device baru yang sudah dibekali OS tersebut, maupun device lama yang sudah menerima update.

Menurut data terbaru yang dikumpulkan selama 7 hari hingga 3 Agustus 2015 oleh Android Developer Dashboard, Lollipop kini memiliki pengguna sebanyak 18,1 persen dari total pengguna Android di seluruh dunia. 15,5 persen diantaranya memakai Lollipop 5.0, sementara 2,6 persen sisanya sudah menggunakan 5.1.

Perlu diketahui bahwa pertumbuhan Lollipop tergolong cukup cepat. Pada Juni 2015 lalu, Lollipop baru diadopsi oleh 12,4 persen pengguna perangkat Android.

android_distro_august-640x364

Versi Android dengan pengguna terbanyak dikuasai oleh KitKat dengan 39,3 persen. Sementara pengguna Jelly Bean yang terdiri dari versi 4.1.x, 4.2.x, dan 4.3 berada di posisi kedua dengan jumlah mencapai 33,6 persen.

Android versi yang lebih lama seperti Ice Cream Sandwich masih digunakan oleh 4,1 persen pengguna. Sedangkan untuk Gingerbread dan Froyo, masing-masing masih memiliki pengguna sebesar 4.6 persen dan 0,3 persen.

Dengan semakin banyak device baru dengan OS yang lebih anyar, serta semakin rajinnya produsen smartphone dan tablet meluncurkan update, tentunya angka di atas akan terus berubah. Kita tunggu saja bagaimana pertumbuhan Lollipop dalam beberapa pekan ke depan.

Tags:

Share This: