Review ASUS STRIX R9 FURY Direct CU III

Reading time:
August 7, 2015

ASUS STRIX R9 Fury

Saat sebelum diluncurkan, AMD Radeon R9 Fury adalah salah satu produk yang banyak diperbincangkan. Generasi terbaru GPU dari AMD ini telah menggunakan memori jenis terbaru, yakni stacked memory atau biasa dinamakan HBM, yang memiliki performa baik walaupun masih dalam tahap generasi pertama. Selain dari performa dan penggunaan HBM, Gamer yang tidak memiliki budget untuk sebuah R9 FURY X juga sangat menantikan R9 FURY yang harganya lebih murah daripada FURY X.

PerformaDSCF0118

AMD R9 Fury dari ASUS ini memiliki performa yang akan mirip dengan R9 FURY reference, mengingat graphics card ini memiliki spesifikasi yang sama. ASUS STRIX R9 Fury ini memiliki kemampuan yang sangat baik. Baik di 4K ataupun di 1080p, R9 FURY ini mampu bersaing dengan GTX 980.

Performa di 1080p sudah tidak usah diragukan lagi, semua game mampu dijalankan dengan setting terbaik dengan nyaman. Angka FPS yang berada di atas 60 merupakan salah satu bukti hal tersebut. Bagaiman dengan resolusi tinggi? Saat kami mengujinya pada resolusi 4K, Strix R9 FURY tampil tidak mengecewakan. Game-game pengujian kami mampu dijalankan dengan baik, walaupun pada beberapa game mungkin Anda perlu menurunkan sedikit setting agar mendapatkan FPS yang nyaman. Pada kondisi 4K juga R9 FURY masih bersaing dengan GTX 980 milik NVIDIA, dan mampu beberapa kali menyalip graphics card tersebut,

DSCF0116

 

Beralih ke performa pendingin, ASUS STRIX R9 FURY ini memiliki pendingin yang sangat baik, dalam segi desain dan performa. Tampilan nya yang gagah dan garang dipadukan dengan performa cooling yang mampu meredam panas chip GPU Fiji PRO berada dikisaran 70 °C patut diberi apresiasi. ASUS berhasil membawa Direct CU tingkat selanjutnya dengan generasi ketiga nya. ASUS juga memberikan teknologi 0dB di graphics card ini yang sangat mengurangi noise yang biasanya berpotensi untuk mengganggu Anda.

AMD Radeon R9 Fury VS ….

DSCF0120

R9 FURY ini tentu saja akan menjadi lawan bagi GTX 980 reference, baik dalam segi harga maupun performa. Lihat saja pada tabel pengujian yang kami sajikan diatas, STRIX R9 FURY ini mampu memberikan performa yang mirip dan terkadang menyalip NVIDIA GTX 980 reference. Dalam hal konsumsi daya, NVIDIA masih lebih unggul dengan GTX 980 nya, walaupun hanya terpaut tipis, sekitar 3 watt saja. R9 FURY sendiri memang menjadi alternatif bagi Anda pecinta AMD yang ingin mendapatkan performa setara dengan graphics card ciptaan NVIDIA tersebut,

HBM?

giphy
Here comes the Nick FURY!

HBM sekali lagi berhasil membuat gebrakan baru, walaupun pada generasi pertama ini memiliki limitasi, yakni beratnya kenaikan frekuensi yang dimiliki oleh memory clock dikarenakan density atau kepadatan dari HBM itu sendiri, tetapi performa yang dimilikinya dapat menyaingi DDR5 yang saat ini paling kencang diantara DDR lainnya. NVIDIA mungkin tidak akan tinggal diam dan meluncurkan PASKAL dengan HBM nya? Who knows, saat ini hanya NVIDIA dan Tuhan yang tahu.

Yang pasti, HBM ini menarik dan patut ditunggu perkembangannya!

AMD Radeon R9 Fury, Pantas Dibeli?

Waaw
Waaw

R9 FURY merupakan alternatif yang ada untuk Anda yang ingin menggunakan graphics card Radeon dengan performa dan konsumsi daya yang mirip dengan pesaingnya, yakni GTX 980. R9 FURY juga cocok untuk Anda yang menginginkan pengalaman bermain di resolusi tinggi dengan nyaman. Dengan kedua kriteria diatas, R9 FURY akan sangat pantas dibeli. Walaupun begitu, pembelian R9 FURY yang dipasangkan dengan monitor resolusi rendah, lets just say 1920×1080, R9 FURY akan kelihatan mubadzir dan masih banyak graphics card dengan harga lebih murah seperti R9 380, R9 390 dari AMD ataupun GTX 960 ataupun 970 dari NVIDIA yang juga mampu menjalankan game dengan kualitas terbaik serta nyaman untuk resolusi tersebut.

So, pantas atau tidak? Itu tergantung dari sisi mana Anda melihat graphics card yang satu ini 

Kesimpulan

DSCF0131

Secara keseluruhan, AMD Radeon R9 Fury buatan ASUS ini memiliki kemampuan yang baik, terutama pada resolusi tinggi, seperti 4K. HBM yang merupakan teknologi masih baru dan generasi satu berhasil diimplementasikan di graphics card AMD kali ini, walaupun masih banyak limitasi yang harus dihadapi. Harga resmi yang ditawarkan ASUS untuk graphics card ini berada pada angka USD $600

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Bodi MSI Prestige 13 AI EVO A1M Form Factor Clamshell…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Bodi Form Factor Clamshell Material Polycarbonate Warna Blue Terlihat kalau…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Bodi dan Desain Form Factor Clamshell Material Aluminium untuk punggung…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…