in: Storage Devices | August 18, 2015 | by: Yufianto Gunawan

Review NAS Synology DS215j

NAS (Network Attached Storage) kini bukan lagi perangkat “kantoran” yang hanya umum dijumpai di unit-unit bisnis saja. Media penyimpanan dalam jaringan ini kini telah bertransformasi menjadi perangkat yang bisa digunakan di berbagai tempat lain, termasuk di rumah. Banyak sekali produsen NAS yang telah melengkapi produk mereka dengan fitur yang lebih mendukung pemanfaatan di rumah, salah satunya sebagai pusat hiburan keluarga. Tidak heran, NAS dengan berbagai fitur multimedia pun banyak beredar, termasuk produk Synology yang satu ini, DS215j.

Synology DS215j

DS215j adalah NAS entry-level dengan dua storage bay yang ditujukan untuk penggunaan di rumah dengan fokus pada multimedia. Selain fokus di multimedia, seperti NAS “rumahan” lain, Synology juga melengkapi NAS ini dengan fungsi personal cloud untuk membantu pengguna mendapatkan akses ke file-file di dalamnya dari mana saja. Penasaran dengan NAS dari Synology yang satu ini? Kami akan coba membahasnya lebih dalam di artikel ini!

Paket Penjualan

NAS DS215j ini telah datang ke lab. pengujian kami sejak beberapa waktu lalu. Perangkat ini disertai dengan perlengkapannya yang dikemas dalam kemasan paket penjualan berupa boks karton berukuran tidak terlalu besar. Beberapa perlengkapan pendukung penggunaan NAS ini juga disertakan di dalam paket penjualannya, yaitu:

  • Quick Installation Guide
    Synology DS215j 02
  • Adapter Daya
    Synology DS215j 03
  • Kabel Daya untuk Adapter
    Synology DS215j 04
  • Kabel Ethernet
    Synology DS215j 05
  • Baut untuk Storage
    Synology DS215j 07
  • Baut untuk Casing NAS
    Synology DS215j 06

Perlengkapan tersebut bisa dikatakan cukup sederhana. Namun, benar hanya itu saja yang umumnya dibutuhkan untuk suatu NAS beroperasi dengan baik. Synology bisa dikatakan memberikan perlengkapan yang minimal, tetapi tepat.

Synology DS215j

Synology DS215j 09

Secara fisik, NAS DS215j ini memiliki desain yang tidak jauh berbeda dengan NAS Synology yang kami uji beberapa waktu lalu, yaitu DS213air. Bodi dari perangkat ini dibalur dengan bahan plastik berwarna putih. Walaupun menggunakan bahan plastik, DS215j masih terasa kokoh untuk kelas NAS rumahan.

Berdasarkan informasi dari situs resmi Synology, NAS ini menggunakan SoC Marvell Armada 375 88F6720 dengan prosesor dual core 800 MHz dengan RAM 512 MB. Sepintas, spesifikasi tersebut tidaklah terlalu tinggi. Namun, Synology tampaknya yakin spesifikasi tersebut bisa membawa NAS ini menyajikan berbagai fitur yang diusungnya dengan baik.

Synology DS215j 10

Seperti DS213air, DS215j ini juga tidak menyediakan akses ke storage dari sisi luar NAS. Pengguna harus membuka casing NAS untuk memasang storage atau mengakses storage yang ada di dalamnya. Tidak praktis memang, tetapi Synology tampaknya melakukan hal ini karena umumnya pengguna NAS kelas rumahan jarang sekali mengganti storage yang ada di dalam NAS mereka, sehingga tidak adanya akses dari luar casing ke storage tidak terlalu jadi masalah.

Informasi spesifikasi lengkap dari NAS DS215j bisa dilihat di halaman ini.

Synology DS215j 11

NAS DS215j ini bisa menampung storage hingga 2 HDD 3.5 inci di dalamnya. Kedua storage tersebut harus dipasang ke bracket yang ada di bagian dalam NAS dengan terlebih dahulu membuka casing NAS ini. Pengguna bisa menggunakan baut yang disediakan di paket penjualan untuk memasang storage, baik HDD 3.5 inci, HDD 2.5 inci, ataupun SSD ke NAS ini. Hanya saja, untuk storage 2.5 inci, dibutuhkan bracket khusus untuk memasangnya ke NAS ini.

DS215j ini mampu mengelola storage hingga kapasitas 16 TB, dari dua storage 8 TB. Seperti NAS 2-bay pada umumnya, NAS ini menawarkan konfigurasi RAID 0, RAID 1, JBOD, dan Synology Hybrid RAID sebagai mode penggunaan kedua storage. Selain itu, mode standar single disk juga tentunya bisa digunakan.

Synology DS215j 12

Untuk konektivitas, NAS ini tidak dilengkapi dengan konektor yang melimpah. Synology hanya menyediakan konektor dalam jumlah sedikit, tetapi benar-benar sesuai dengan posisi NAS ini sebagai NAS kelas rumahan. Konektor yang tersedia adalah:

  • Konektor daya
  • Gigabit Ethernet
  • USB 2.0
  • USB 3.0

Semua konektor tersebut terletak di bagian belakang NAS, dekat dengan kipas 92 mm yang digunakan untuk mendinginkan NAS ini ketika beroperasi. Kipas itu sendiri tidak menghasilkan suara berlebih saat digunakan. Namun, bila pengguna masih merasa suara kipas tersebut terlalu kencang bagi mereka, mereka bisa mengubah mode operasi kipas ke Quiet Mode.

Synology DS215j 08
Terdapat tombol power dan beberapa lampu indikator di bagian depan dari DS215j.

Di bagian depan dari NAS ini, tidak terlihat adanya port USB tambahan yang biasa diletakkan untuk mempermudah pengguna memasang storage eksternal, misalnya untuk memindahkan file dari storage eksternal ke dalam NAS. Hal ini tentunya sedikit disayangkan, mengingat kedua port USB di bagian belakang akan sedikit sulit dijangkau bila pengguna meletakkan NAS ini di tempat yang cukup sempit. Namun, bagi pengguna yang lebih banyak melakukan operasi pemindahan file melalui jaringan lokal, hal ini tentu saja bukan masalah berarti.

Synology DS215j sendiri memiliki ukuran 165 mm X 100 mm X 225.5 mm dengan berat kosong sekitar 0.88 kg. Ukuran tersebut tidak bisa dibilang ringkas, tetapi juga tidak terlalu besar untuk sebuah NAS 2-bay. Ukuran tersebut juga masih memungkinkan pengguna untuk menempatkannya di berbagai tempat dengan ruang yang tidak terlalu besar di rumah.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES