in: Processors | August 5, 2015 | by: Gatot Tri Yuwono

Review Prosesor: Intel Core i7 6700K

Blender

Blender merupakan aplikasi 3D modeling bersifat gratis dan juga open source. Kami menggunakan aplikasi ini untuk menguji kemampuan prosesor dalam melakukan render pada objek 3D. Hasil pengujian disajikan dalam satuan waktu. Semakin sedikit waktu yang dibutuhkan, semakin baik.

Intel Core i7 6700K Blender v3

Core i7 4790K kembali berhasil mengimbangi performa Core i7 6700K pada pengujian ini. Sementara itu fitur MSI Enhance Turbo terlihat mampu mendongkrak performa Core i7 6700K 3% lebih tinggi.

HandBrake

Handbrake merupakan salah satu aplikasi transcoding video gratis yang cukup popular. Aplikasi tersebut mampu memanfaatkan sejumlah thread prosesor dan sangat menyukai prosesor dengan clock speed tinggi. Oleh karena itu aplikasi tersebut sangat ideal untuk menguji “kekuatan” sebuah prosesor. Hasil pengujian disajikan dalam satuan waktu. Semakin sedikit waktu yang dibutuhkan, semakin baik.

Intel Core i7 6700K Handbrake v3

Core i7 6700K terlihat mampu mengungguli performa Core i7 4790K dengan perbedaan performa mencapai 5%. Fitur MSI Enhance Turbo juga sukses membuat performa Core i7 6700K melesat lebih kencang sekitar 5% dari kondisi standar.

iTunes

Siapa yang tidak kenal aplikasi yang satu ini? Walaupun diperuntukan bagi mereka yang menggunakan produk Apple, bukan berarti pengguna lainnya tidak dapat memanfaatkannya. Aplikasi tersebut merupakan salah satu pilihan popular dalam hal manajemen file musik. Tampilannya yang interaktif membuatnya menjadi pilihan banyak pengguna.

Salah satu operasi yang sering dilakukan oleh iTunes adalah merubah dari satu format lagu ke format lainnya. Dalam operasi yang biasa disebut encoding tersebut, aplikasi tersebut akan memanfaatkan satu thread pada prosesor. Oleh karena itu aplikasi tersebut cocok untuk mengukur performa single thread sebuah prosesor.

Intel Core i7 6700K iTunes v3

Performa pada aplikasi single thread sangat ditentukan oleh tingginya nilai clock speed prosesor. Oleh karena itu, jangan merasa aneh jika Core i7 4790K dengan Turbo Boost 4,4 GHz mampu melesat 3% lebih kencang dibandingkan Core i7 6700K. Walaupun begitu saat fitur MSI Enhance Turbo aktif, performa keduanya menjadi setara.

Photoshop CC

Photoshop CC merupakan aplikasi manipulasi gambar versi terbaru dari Adobe. Kami masih menguji menggunakan Action bernama Photoshop Speed Test yang telah sedikit kami modifikasi untuk lebih mencerminkan operasi-operasi yang biasa dilakukan apabila bekerja dengan Photoshop.

Intel Core i7 6700K Photoshop CC v3

Performa Core i7 6700K pada kondisi default terlihat mampu mengimbangi performa Core i7 4790K pada pengujian menggunakan aplikasi manipulasi gambar populer terbaru ini. Mengaktifkan fitur MSI Enhance Turbo sukses mendorong performa Core i7 6700K lebih jauh lagi dengan perbedaan sekitar 5%.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES