in: Processors | August 5, 2015 | by: Gatot Tri Yuwono

Review Prosesor: Intel Core i7 6700K

Kesimpulan

Pemilik sistem dengan prosesor Intel Core i7 Haswell/Haswell Refresh/Broadwell tampaknya dapat bernafas lega. Sistem dengan prosesor generasi lama tersebut ternyata masih memiliki performa tetap kompetitif saat dihadapkan pada platform terbaru Intel Skylake dengan prosesor Core i7 6700K. Bahkan untuk Core i7 4790K dengan spesifikasi base clock serupa dengan Core i7 6700K, keduanya masih memiliki performa berimbang satu sama lain. Walaupun begitu untuk performa seperti itu, Core i7 6700K sukses mengerahkan kemampuan terbaiknya dengan penggunaan daya listrik lebih rendah dari Core i7 4790K. Bagi pemilik prosesor Intel Core i7 Haswell-K atau Broadwell-C, memang masih diperlukan penyesuaian nilai base clock setidaknya sama seperti Core i7 6700K agar performanya dapat berimbang. Dengan pengaturan tepat dan penggunaan sistem pendingin mumpuni, Core i7 4770K atau Core i7 5775C seharusnya dapat dengan mudah mengejar performa standar sebuah Core i7 6700K.

Sementara itu pengujian singkat kami pada unit pengolah grafis Core i7 6700K ternyata menunjukkan hasil memuaskan. Pada pengujian singkat kami Intel HD Graphics 530 terlihat mampu menungguli performa HD Graphics 4600 pada Core i7 4790K dengan perbedaan berkisar 20-30%. Lalu apa jadinya jika dihadapkan pada aplikasi game? Mampukah Intel HD Graphics 530 tetap meungguli performa pada pendahulunya? Simak ulasan lengkapnya di artikel kami mendatang.

Intel Core i7 6700K Package

 

Melakukan upgrade sistem ke platform Intel Skylake dengan Core i7 6700K bagi pemilik PC desktop dengan prosesor Intel Core i7 Haswell/Haswell Refresh/Broadwell memang akan terasa kurang signifikan dari segi performa dan akan memakan biaya tergolong besar. Pengguna tidak hanya harus membeli prosesor baru tetapi juga motherboard dan juga memori/RAM (jika motherboard menggunakan DDR4). Terlebih masih tingginya harga memori/RAM DDR4 pada saat platform Intel Skylake resmi diluncurkan. Akan tetapi lain ceritanya jika pemilik sistem dengan prosesor Intel Core i7 Haswell/Haswell Refresh/Broadwell tersebut mengincar sejumlah teknologi dan fitur khusus dimana hanya bisa di dapatkan pada platform Intel Skylake seperti dukungan storage kecepatan tinggi, kemampuan overclocking dengan parameter pengaturan lebih fleksibel, dan lainnya.

Platform Intel Skylake dengan Core i7 6700K akan cocok sekali menjadi incaran upgrade bagi pemilik sistem Intel keluaran beberapa tahun sebelumnya seperti pemilik Core i7 quad core sejak Sandy Bridge atau generasi-generasi sebelumnya. Untuk mereka yang memiliki rencana mengincar platform dengan prosesor Core i7 Haswell/Haswell Refresh/Broadwell, tampaknya platform Intel Skylake dengan Core i7 6700K akan lebih menarik mengingat mampu mengerahkan performa tidak kalah bertenaga, dengan penggunaan daya lebih efisien, dan hadirnya sejumlah fitur beserta teknologi yang sulit ditemukan pada motherboard dengan chipset di bawah generasi Z170. Tidak menutup kemungkinan pula bagi pemilik sistem dengan performa tergolong rendah dan terbatas akan mengincar sistem dengan kombinasi Core i7 6700K dan motherboard Z170 di dalamnya sebagai pilihan upgrade mereka berikutnya. Anggaran untuk mendapatkan platform Intel Skylake dengan Core i7 6700K mungkin akan lebih tinggi dibandingkan platform generasi sebelumnya tetapi akan sepadan dengan setumpuk keunggulan yang disuguhkan ke hadapan Anda. Tentu saja jika Anda memang ingin memiliki platform Intel Skylake dengan prosesor Core i7 6700K di dalamnya meskipun masih memiliki sistem dengan kemampuan setara atau lebih tinggi, kami tidak berhak untuk melarangnya.

MSI Z170A Gaming M7

Motherboard MSI Z170A Gaming M7 sendiri tidak memiliki kendala sama sekali dalam mengerahkan kemampuan penuh Core i7 6700K. Bahkan fitur MSI Enhance Turbo yang secara otomatis aktif pada kondisi default mampu mendongkrak performa Core i7 6700K lebih jauh lagi dengan peningkatan hingga sekitar 5%. Bagi pengguna awam yang menginginkan performa ekstra pada sistem mereka, fitur tersebut tentu menjadi nilai lebih tersendiri. Kami akan menyajikan ulasan lebih lengkap mengenai motherboard gaming tersebut pada artikel kami berikutnya.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES