in: Movies | August 21, 2015 | by: Irham

Review The Man From U.N.C.L.E:  Lagi, Film Untuk Penggemar Spy Agent

poster

Di Jerman pada masa perang dingin tahun 1963, seorang agen CIA bernama Napoleon Solo ditugaskan untuk menyelidiki pengembangan nuklir yang dilakukan oleh Dr. Teller, seorang ilmuan Nazi. Solo kemudian mencari petunjuk mulai dari puteri sang ilmuan bernama Gaby Teller. Setelah berhasil menemukan puteri ilmuan, Solo kemudian dikejar-kejar oleh agen KGB dari rusia bernama Illya Kuryakin yang memiliki skill bertarung tinggi.

Dari Gaby, Solo pun mengetahui jika ayahnya bekerja untuk pasangan miliarder kaya raya bernama Alexander dan Victoria Vinciguerra. Kedua pasangan ini berada di Roma italia dalam pengembangan nuklir tersebut. Gaby juga tak mengetahui banyak tentang sang ayah, karena dirinya telah lama ditinggalkan. Rudi Teller, paman Gaby diketahui juga bekerja sama dengan pasangan Vinciguerra dalam pengembangan nuklir tersebut.

1

Setelah menemui atasannya, yaitu Saunders, Solo menemukan fakta yang mengejutkan. Rupanya agen KGB yang mengejarnya saat membawa Gaby Teller, ada bersama dengan atasannya. Apa yang sebenarnya terjadi dan mengapa CIA bekerja sama dengan KGB?

 

Komposisi Pas, Hasilnya Sempurna

Film reboot dari serial TV dengan judul yang sama di tahun 60an ini bisa menjadi salah satu dari sekian banyak film yang sukses digarap ulang di tahun 2015. Diperankan oleh Henry Cavill, Armie Harmer dan juga Alicia Vikander, The Man From U.N.C.L.E kembali menawarkan film action bertema agen khusus, dari sederet judul i yang telah tayang di tahun ini mulai dari Kingsman, Spy, dan Mission Impossible.

Plot film memang terbilang unik. Jika pada kebanyakan film ‘special agent’ dengan konflik politik akan menonjolkan dominasi suatu negara, lain halnya dengan film yang satu ini. Dua agen rahasia dari negara berkuasa yaitu Amerika dan Rusia justru bersaing dalam misi penghentian pengembangan senjata nuklir di era perang dingin.

2

Dan kali ini  Henry Cavill tampak berhasil keluar dari kesan ‘Superman’ yang telah melekat pada dirinya. Tak banyak aktor yang berhasil dalam memainkan peran baru apalagi setelah memerankan karakter yang begitu ikonik, terutama untuk karakter superhero. Henry Cavill  tak lagi melekat dengan image nice-guy Clark Kent saat memainkan Napoleon Solo. Bahkan dirinya cukup sempurna dengan karakter agen khusus, playboy dan angkuh tersebut.

Berbeda dengan Spy dan Kingsman yang memang sengaja menjadikan komedi sebagai sales poin mereka, Guy Ritchie sebagai sutradara punya cara yang berbeda  untuk memasukan unsur tersebut lebih natural. Lewat hal-hal yang terlihat spele tapi humor yang dihadirkan sangat memecah tawa penonton. Tak melulu serius dalam misi rahasia, kadang juga romansa jadi bagian yang seru disaksikan.

3

Sinematografi vintage sangat kental terasa di film The Man From U.N.C.LE, yang membawa penonton kembali merasakan nuansa ala James Bond di era lawas. Begitu pula dengan background tempat dan waktu yang cukup sempurna untuk menggambarkan gaya ala tahun 60an. Para aktor dan aktris tak kalah hebatnya dalam akting dan action, sehingga saya sendiri mengakui jika film punya kombinasi yang sempurna dari semua aspek. Mungkin tak sehebat aksi Ethan Hunt, tapi semua unsur yang ada mulai dari drama, laga, komedi, plot twist hingga romansa, semuanya berada dalam komposisi yang pas dan tak berlebihan.

4

Bagian ‘Plot Hole’ yang sengaja diselipkan dalam beberapa adegan menjadi hal-hal yang tak terduga bagi penonton. Tapi sang sutradara tak meninggalkan penasaran penonton dari plot hole tersebut, karena proses edit tetap memberikan flash back adegan yang menjelaskan alur yang sebenarnya terjadi. Sehingga penonton tak perlu menonton ulang dari awal hanya karena melewatkan bagian penting dalam cerita. Ini satu hal yang menjadi favorit saya di sebuah film, dan The Man from U.N.C.L.E lagi-lagi sukses memanfaatkan teknik perfilman ini.

5

Overall, film ini sangat recomended untuk Anda saksikan. Apalagi bagi Anda penggemar film action ‘spy agent’ yang mungkin juga sudah jenuh hanya menyaksikan aksi Bond. Bahkan film ini lebih baik dari apa yang diekspktasikan berdasar trailer promosinya, yang terlihat tak begitu menjanjikan. Sangat enjoy menyaksikan film yang berayun dari ketegangan, tawa lepas, dan semua drama yang ditampilkan.

Ini tampaknya baru menjadi awal bagi The Man From U.N.C.L.E, dimana orang-orang pasti akan menantikan kehadiran sekuel berikutnya. The Man From U.N.C.L.E tayang di bioskop tanah air mulai 21 Agustus 2015.

Video Trailer:

Tanggal Rilis: 21 Agustus 2015

Durasi: 116 Menit

Sutradara: Guy Ritchie

Genre: Action

Pemain: Henry Cavill, Armie Hammer, Alicia Vikander, Elizabeth Debicki, Jared Harris, & Hugh Grant

Studio: Warner Bros Pictures, Davis Entertainment

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES