in: News | August 15, 2015 | by: Dian Syarifuddin

Samsung Perkenalkan SSD Pertama di Dunia Berkapasitas 15.36 TB

Samsung, produsen elektronik asal Korea Selatan ini yang memang cukup dikenal memiliki beragam divisi pengembangan. Oleh karena itu, Samsung juga dinobatkan sebagai salah satu perusahaan yang memiliki beragam inovasi lewat berbagai produk terbaru yang dihadirkan.

PM1633a

Kali ini, Samsung kembali melakukan inovasi baru di dunia media penyimpanan dengan memperkenalkan SSD (Solid State Drive) terbaru. Pada ajang pameran Flash Memory Summit 2015 yang digelar di California, Amerika Serikat, Samsung memperkenalkan SSD pertama di dunia yang memiliki kapasitas paling besar, yaitu 15.36 TB yang diberi nama PM1633a.

Dengan kapasitas penyimpanan paling masif yang dimiliki SSD PM1633a ini, Samsung berhasil melewati rekor SSD sebelumnya besutan HGST dan Western Digital yang memiliki kapasitas 10 TB. Selain itu, SSD PM1633a memiliki ukuran 2.5 inci, yang artinya SSD ini dapat dipasang pada notebook konvensional yang beredar di pasaran.

Samsung menyisipkan Chip memory terbaru buatannya pada SSD PM1633a, yang belum lama ini diperkenalkan, yaitu 3D Vertical NAND (V-NAND). Chip tersebut diproduksi menggunakan proses fabrikasi 10nm dan menawarkan 128 Gb per chip NAND yang diklaim mampu menyajikan kemampuan tulis dua kali lipat lebih baik.

Pada saat memamerkan SSD barunya, Samsung memasukkan 48 unit SSD PM1633a pada salah satu server. Tampaknya untuk saat ini, SSD milik Samsung ini sengaja ditujukan untuk kalangan enterprise yang ingin meningkatkan performa server mereka.

Hingga saat ini, Samsung belum memberikan keterangannya secara resmi mengenani ketersediaan dan harga yang dimiliki SSD barunya itu. Jika dibandingkan dengan SSD terbaru Samsung berkapasitas 2TB dengan harga USD 800 hingga USD 1000, kemungkinan besar Samsung SSD PM1633a dibanderol dengan harga dikisaran lebih dari USD 5000.

Sumber: Slashgear

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES