in: News | August 19, 2015 | by: Cerira

Telegram Tembus Pengiriman 10 Milyar Pesan Perhari

telegram-app

Aplikasi instan messaging terenkripsi Telegram mengumumkan bahwa saat ini pengiriman pesan yang dilakukan dengan aplikasi ini sudah menembus 10 milyar pesan perhari. Jumlah ini meningkat 1 milyar dibanding bulan Desember tahun lalu.

Jumlah ini tentunya cukup mengesankan, mengingat aplikasi ciptaan Nikolai dan Pavel Durov yang juga menciptakan jejaring sosial terbesar di Rusia, VK ini baru diluncurkan tahun 2013 silam. Sebagai perbandingan, jejaring sosial terbesar Facebook menyebutkan bahwa pada bulan April lalu, pesan yang dikirimkan pengguna Facebook Messanger dan WhatsApp mencapai 45 milyar pesan dimana pada bulan Januari pengiriman pesan oleh pengguna WhatsApp sendiri mencapai jumlah 30 milyar pesan perhari.

Menurut keterangan di blog Telegram, disebutkan bahwa aplikasi ini baru diluncurkan untuk platform iOS dua tahun lalu dan kini mereka sudah bisa mengirimkan lebih dari 10 milyar perhari. Telegram sendiri bisa dijalankan di berbagai platform, mulai dari web, Chrome OS, Windows, Mac, Linux, iOS, Android dan Windows Phone. Meskipun didirikan oleh pendiri VK namun Telegram sendiri menjadi perusahaan independen nirlaba yang tidak terkoneksi dengan VK.

Telegram-Android

Pada bulan Oktober 2013 setelah diluncurkan, Telegram berhasil mendapatkan 100 ribu pengguna aktif harian. Pada bulan Maret 2014, pengguna aktif harian tersebut melonjak menjadi 15 juta user dan pada bulan Desember 2014 Telegram sudah mengumpulkan 50 juta pengguna aktif harian dengan 1 milyar pesan yang dikirim perhari dengan rata-rata 1 juta user baru yang mendaftar setiap minggunya. Dalam lima bulan, trafik tersebut naik dua kali lipat sehingga pada paruh pertama 2015 ini Telegram mampu mengirimkan 2 milyar pesan tiap harinya.

Dibanding aplikasi pesan instan terenskripsi lainnya, Telegram yang memang diciptakan sebagai aplikasi messaging untuk piranti mobile dan desktop berbasis cloud dengan fokus pada keamanan dan kecepatan ini jugadiklaim memiliki banyak kelebihan. Selain mudah digunakan untuk mengirim pesan, Telegram juga bisa digunakan untuk menghubungkan lokasi-lokasi terpencil, bisa membuat grup hingga 200 anggota, bisa disinkronkan untuk semua piranti, bisa mengirim dokumen dalam tipe apapun hingga ukuran 1.5GB, terjaga keamanannya, dilengkapi timer yang bisa disetel untuk terhapus dengan sendirinya, bisa disimpan di penyimpanan awan, serta bisa membuat tool sendiri.

Tags:

Share This: