in: News | August 25, 2015 | by: Cerira

Yamaha Luncurkan Layanan Streaming Musik MusicCast

yamaha-musiccast-100608657-large

Sebagai salah satu brand untuk alat musik yang ternama, Yamaha memperkenalkan sebuah layanan streaming musik multi-room yang sebenarnya sudah dirintis sejak beberapa tahun yang lalu. Layanan ini disebut dengan MusicCast yang nampaknya akan menjadi pesaing baru bagi Sonos yang selama ini dikenal mendominasi dunia speaker wireless multi-ruangsejak satu dekade terakhir ini.

MusicCast sendiri merupakan cara baru untuk membawa musik ke setiap ruangan di rumah secara wirekess dengan kontrol yang dihadirkan dengan aplikasi yang sederhana. Didesain untuk dengan mudah dijalankan dengan jaringan WiFi yang sudah ada, MusicCast menawarkan akses ke sejumlah konten audio secara virtual dari sumber apa saja. Termasuk di dalamnya layanan streaming,channel radio internet, library musik digital, piranti dengan Bluetooth, dan juga sumber eksternal lain yang terhubung ke produk MusicCast seperti set-top-box TV, pemutar Blu-Ray Disc dan piringan pemutar.

Yamaha memang dikenal dengan kepemilikan jaringan sistem audio MusicCAST yang dimiliki sejak beberapa tahun yang lalu, meski layanan MusicCast yang baru ini berbeda dengan platform sebelumnya itu. Yamaha mengupdate layanan MusicCast ini menjadi benar-benar baru dan menjanjikan jajaran lebih dari 20 produk hingga akhir 2015 ini. Produk-produk baru ini juga tidak akan kompatibel dengan sistem wireless multi-room MusicCast sebelumnya. Hingga akhir tahun ini, jajaran produk dengan MusicCast Ready tersebut akan meliputi AV receiver, wireless speaker, sound bar dan power speaker dengan harga mulai $250 hingga lebih dari $3,000.

yamaha-musiccast-r-n602-100608654-large

Layanan streaming musik, radio internet dan library musik digital dari produk-produk yang tersedia bisa dinikmati di rumah melalui jaringan WiFi di rumah meskipun piranti-piranti MusicCast juga sudah mendukung kemampuan Wireless Direct. Ada juga dukungan audiophile yang menyenangkan dengan audio digital resolusi tinggi seperti Apple Lossless (up to 24-bit/96 kHz), FLAC, AIFF dan WAV (up to 24-bit/192 kHz), dengan beberapa yang mampu menjalankan playback tunggal dari encoded streamDSD hingga 5.6 MHz.

Pendengar juga bisa mendengarkan musik secara wireless melalui piranti yang sudah mendukung koneksi Bluetooth, dimana produk MusicCast juga bisa memberikan output streaming melalui Bluetooth untuk mengirimkan musik secara wireless ke speaker atau headphoneBluetooth. Sumber audio eksternal seperti TV, konsol game dan komponen hi-fi juga bisa dihubungkan melalui kabel ke piranti-piranti MusicCast.

Dengan menginstal aplikasi ke smartphone atau tablet yang dijalankan dengan iOS atau Android, ada lebih dari 10 piranti MusicCast yang bisa dikontrol dengan smartphone atau tablet tersebut dengan fasilitas untuk menonton dan memilih track dari ponsel atau tablet yang terhubung, komputer, atau piranti penyimpanan dan melayani untuk zona atau ruang playback terpilih. Beberapa dari model piranti dengan MusicCast sudah ada di pasaran meskipun belum memungkinkan untuk menjalankan layanan MusicCast.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES