in: News | September 21, 2015 | by: Friska Suryawinata

App Store China Terinfeksi Malware

chinastore3-101026

Produk Apple yang merupakan sebuah produk premium, tidak hanya diminati di beberapa negara di Barat atau Eropa saja tetapi juga di Asia. China adalah salah satu negara yang juga masih memiliki ketertarikan untuk menggunakan produk premium dari Apple tersebut. Namun dari laporan terbaru, dikatakan bahwa terdapat malware yang menghinggapi beberapa apllikasi di Apple Store China.

Hal tersebut dinyatakan dalam Wall Street Journal di mana App Store di negara China menjadi salah satu sasaran empuk bagi para hacker untuk menyelipkan virus dan malware di dalamnya. Memasukkan virus atau malware di App Store seperti ini biasanya tidaklah mudah mengingat toko aplikasi sejenis ini memiliki proteksi yang kuat dari vendor terkait, terlebih ketika hendak dimasukkan melalui aplikasi yang akan hadir di App Store. Tapi dengan kabar terdapatnya malware di dalam App Store tersebut, membuktikan adanya celah bagi platform store ini.

Aplikasi yang terkena malware dan tersedia di App Store tersebut salah satunya adalah WeChat, aplikasi messaging paling populer di negara China. Aplikasi yang terinfeksi ini akan mengirimkan data serta membuka prompt pesan atau pemberitahuan palsu, mencuri password, hingga membaca dan menulis data pengguna gadget yang telah terinstalasi aplikasi terinfeksi ini.

Salah satu hal yang menyebabkan kenapa aplikasi ini bisa terinfeksi, menurut laporan dari Alibaba Mobile Security, dikarenakan pihak pengembang aplikasi tertipu dengan tawaran tools untuk pengembangan aplikasi versi Apple yang ternyata menjadi celah untuk memasukkan malware tanpa sepengetahuan pihak terkait. Dengan begini, baik pihak pengguna maupun pengembang harus lebih ekstra hati-hati lagi ketika menggunakan sebuah aplikasi atau tools pengembangan yang mencurigakan.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES