in: News | September 16, 2015 | by: Yufianto Gunawan

Dell: Flash TLC Menjadi Hal Penting di Dunia Storage

Chip NAND “Triple Level Cell” (TLC) merupakan chip flash yang banyak dipakai sebagai basis storage belakangan ini. Berbagai produk, termasuk SSD, dengan chip TLC membanjiri pasar dalam beberapa waktu terakhir ini. Dell, sebagai perusahaan penyedia solusi end to end juga memiliki jajaran storage yang menggunakan chip TLC tersebut. Di acara Dell User Forum 2015, di Hotel ShangriLa, Jakarta, kami berkesempatan untuk berbicara langsung dengan Alan Atkinson, GM Dell Storage, terkait flash TLC di berbagai produk Dell.

Dell-User-Forum-2015
Alan Atkinson (kedua dari kiri) di Dell User Forum 2015.

Menurut Mr. Atkinson, 3D NAND, seperti chip TLC ini, merupakan hal yang menarik, sehingga Dell menggunakannya di produk-produk storage mereka. TLC sendiri menawarkan kelebihan berupa harga yang murah dengan performa yang cukup tinggi. Oleh karena itu, dengan chip TLC ini, Dell bisa menawarkan solusi storage yang lebih sesuai dengan kebutuhan para pengguna produk mereka, termasuk dalam paket Datacenter Scalable Solutions (DSS).

Terkait kelemahan dari chip TLC sendiri, termasuk kecepatan write yang tidak terlalu tinggi, Dell menyebutkan hal itu tidak akan menjadi masalah selama perancang sistem bisa memanfaatkannya dengan benar. Dell sendiri menyebutkan bahwa solusi software yang mereka hadirkan di berbagai produk mereka bisa memanfaatkan chip TLC dengan baik, sehingga semua kelebihan dari chip itu bisa dimanfaatkan sementara kekurangannya bisa dihindari. Selain itu, kemampuan storage dengan chip TLC sendiri sudah berada jauh di atas harddisk.

Performa dari SSD dengan chip TLC dalam perangkat storage Dell sendiri sejauh ini disebut sangat memadai. Hanya pada kebutuhan tertentu yang membutuhkan tingkat write yang sangat tinggi, misalnya di aplikasi Geographical Information System (GIS) intensif, akan dibutuhkan SSD yang lebih kencang, misalnya dengan chip MLC atau SLC. Namun, di luar hal itu, chip TLC telah menjadi basis storage yang bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan dengan harga yang sangat wajar bila dibandingkan dengan kemampuannya.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES