in: News | September 15, 2015 | by: Yufianto Gunawan

Honda Dapatkan Ijin Uji Coba Mobil Otomatis di California

Satu lagi perusahaan ternama dunia baru saja berhasil mendapatkan ijin untuk uji coba mobil otomatis di jalanan wilayah California, Amerika Serikat. Perusahaan tersebut adalah Honda, raksasa otomotif asal Jepang. Honda kini masuk dalam daftar beberapa perusahaan lain yang juga memiliki ijin serupa dan telah boleh menguji coba mobil otomatis mereka di wilayah tersebut.

Honda-self-driving

Sejak beberapa waktu lalu, Honda memang telah menampilkan prototipe mobil otomatis mereka. Honda juga sempat memamerkan mobil Acura RLX yang telah dimodifikasi untuk mengusung sistem mobil otomatis. Hanya saja, karena masih belum mengantongi lisensi, Honda hanya bisa melakukan uji coba di tempat tertutup, salah satunya adalah fasilitas mereka di San Francisco.

Kini, dengan ijin dari California Department of Motor Vehicles, Honda telah bisa menjalankan mobil otomatis mereka di luar fasilitas tertutup milik mereka. Honda akan bebas menjalankan mobil uji coba mereka di dalam wilayah California. Hanya saja, Honda sendiri belum menjelaskan rencana uji coba mereka untuk mobil otomatis tersebut.

Sejauh ini, beberapa perusahaan besar juga telah melakukan uji coba untuk mobil otomatis di California, termasuk Google. Proyek mobil otomatis sendiri memang masih jauh dari status siap. Namun, dengan makin banyaknya perusahaan, baik dari latar belakang teknologi maupun otomotif, yang terjun di bidang tersebut, pengembangan mobil otomatis bisa saja akan semakin cepat dalam beberapa waktu ke depan.

Tags:

Share This: