in: News | September 5, 2015 | by: Gatot Tri Yuwono

Intel Hadirkan Puluhan Prosesor Skylake Terbaru

Intel 6th Gen Core Package

Intel akhirnya memperkenalkan platform PC kelas mainstream generasi terbaru mereka pada 5 Agustus 2015 lalu. Platform tersebut mengombinasikan prosesor Core i 6th Generation berbasiskan arsitektur CPU Skylake dan chipset Intel 100 Series. Debut perdana Core i7 6700K dan Core i5 6600K pada motherboard berbasiskan chipset Intel Z170 pada platform desktop memang sukses membuat sejumlah kalangan pengguna untuk segera memilikinya. Tentu saja hadirnya model tertinggi prosesor Core i7/i5 6th Generation dan chipset 100 Series tersebut menimbulkan pertanyaan kapankan model lainnya akan segera tersedia di pasaran. Jawaban tersebut akhirnya muncul ke permukaan di awal bulan September 2015 ini dengan diperkenlkannya puluhan model prosesor terbaru lengkap dengan sejumlah tipe chipset terbaru pula. Berikut kami tampilkan daftar lengkap prosesor Intel Core i 6th Generation “Skylake” baik untuk platform desktop maupun mobile, terbagi dalam nilai TDP (Thermal Design Power).

Intel 6th Gen Core Die

Core i 6th Generation (91 Watt TDP)

Intel 6th Gen Skylake 91 Watt Desktop JagatReview

Pada nilai TDP tertinggi sebesar 91 Watt terdapat dua model yaitu Core i7 6700K dan Core i5 6600K. Anggota terbaru keluarga prosesor Intel K Series tersebut tentu saja dilengkapi fitur overclocking dimana performa bawaannya masih dapat ditingkatkan lebih jauh lagi. Tentu saja untuk mengaktifkan fitur overclocking tersebut diperlukan motherboard berbasiskan chipset Intel Z170.

Core i 6th Generation (65 & 47 Watt TDP)

Intel 6th Gen Skylake 65 Watt Desktop JagatReview

Pada kelas dengan nilai TDP sebesar 65 Watt dan 47 Watt dapat ditemukan 10 model prosesor yang mencakup seri Core i7 non-K, Core i5 non-K, Core i3, dan juga Pentium. Dari 10 model prosesor tersebut, 9 di antaranya dilengkapi IGP HD Graphics 530 sementara Pentium G4400 hanya dilengkapi IGP HD Graphics 510.

Core i 6th Generation (45 Watt TDP)

Intel 6th Gen Skylake 45 Watt Mobile JagatReview

Pada kelas TDP 45 Watt kita mulai dapat menjumpai prosesor Intel Core i 6th Generation untuk platform mobile (notebook/laptop). Pada tabel di atas dapat ditemukan hal menarik seperti hadirnya Core i5 HQ Series dimana untuk pertama kalinya Intel menghadirkan Core i5 mobile dalam konfigurasi quad core. Tidak hanya itu, Intel juga memperkenalkan Core i7 HK Series dengan fitur overclocking layaknya prosesor Intel K Series lainnya. Terdapat enam model prosesor dengan TDP 45 Watt dan seluruhnya menggunakan IGP HD Graphics 530.

Intel 6th Gen Skylake 45 Watt Mobile (Xeon) JagatReview

Untuk perangkat notebook/laptop, Intel akhirnya memperkenalkan lini produk Xeon mereka. Untuk saat ini baru terdapat dua model dan hanya dibedakan oleh perbedaan 100 MHz pada nilai clock speed.

Core i 6th Generation (35 Watt TDP)

Intel 6th Gen Skylake 35 Watt Desktop JagatReview

Untuk kelas dengan TDP 35 Watt dapat dijumpai delapan model prosesor desktop Intel S Series (ditandai dengan akhiran huruf T) dan satu model prosesor notebook/laptop Core i3 6100H. Sebagai prosesor desktop kelas hemat daya, Intel tetap menghadirkan sejumlah model yang mencakup lini Pentium, Core i3, Core i5, bahkan Core i7. Rendahnya nilai TDP dicapai Intel dengan menyesuaikan kecepatan kerja prosesor dan tentu saja tanpa mengurangi fitur khas dari lini produk tersebut.

Core i 6th Generation (28 Watt TDP)

Intel 6th Gen Skylake 28 Watt Mobile JagatReview

Prosesor Intel U Series berbasiskan arsitektur CPU Skylake dapat ditemukan mulai dari kelas TDP 28 Watt. Menariknya, prosesor mobile (notebook/laptop) kelas hemat daya dari Intel tersebut dilengkapi IGP  Skylake tertinggi saat ini yaitu HD Graphics 550. Tentu saja lini produk Intel U Series tetap hadir dengan ciri khasnya yaitu penggunaan prosesor tipe dual core, bahkan pada model Core i7.

Core i 6th Generation (15 Watt TDP)

Intel 6th Gen Skylake 15 Watt Mobile JagatReview

Tentu saja prosesor Intel U Series tidak luput untuk mengisi kelas TDP 15 Watt seperti tradisi generasi terdahulu. Terdapat hal menarik dari tabel di atas dimana prosesor Pentium U Skylake dilengkapi fitur Hyper-Threading seperti Core i3 dan Core i7. Alhasil Pentium 4405U tersebut mampu menangani empat proses komputasi sekaligus meskipun hanya menggunakan konfigurasi prosesor dual core. Di kelas TDP 15 Watt terdapat 10 model prosesor dengan tipe IGP bervariasi mulai dari HD Graphics 510 hingga HD Graphics 520 dan HD Graphics 540.

Intel Y Series – Core m & Pentium Y (Sub 10 Watt)

Intel 6th Gen Skylake Core m Mobile JagatReview

Intel juga menghadirkan lini produk Y Series mereka dengan berbasiskan arsitektur CPU Skylake. Pada tabel di atas dapat ditemukan empat model Core m Series dan satu model Pentium Y Series. Prosesor Intel Core m Series sendiri kali ini juga mendapatkan skema penamaan baru Core m7, Core m5, dan Core m3 seperti juga ditemukan pada lini produk Core i Series. Seluruh model prosesor Intel Y Series memiliki nilai TDP tidak lebih dari 7 Watt dan dirancang sebagai otak pintar dibalik perangkat komputasi hemat daya. Prosesor Intel Y Series dilengkapi IGP tipe HD Graphics 515.

Jadi apakah Anda sudah siap membangun atau memiliki sistem berbasiskan platform Intel Skylake?

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES