in: News | September 26, 2015 | by: Yufianto Gunawan

Internet.org Kini Berubah Menjadi “Free Basics”

Facebook baru saja mengumumkan bahwa proyek Internet.org, akses Internet gratis di 19 negara, kini akan dikenal sebagai “Free Basics”. Pengubahan nama ini sendiri tampaknya dilakukan untuk menyesuaikan sebutan proyek tersebut ke apa yang disediakan oleh proyek tersebut. Memang, Internet.org sendiri hanya menyediakan akses gratis ke berbagai situs yang dianggap “kebutuhan dasar” pengguna Internet.

india-meradoctor

Penggantian sebutan Internet.org ke Free Basics sendiri diumumkan oleh Mark Zuckerberg, salah satu pendiri Facebook, di akun pribadinya. Setelah pengumuman pengubahan ini, alamat situs dan nama aplikasi dari proyek tersebut dengan sendirinya akan berubah juga menjadi Free Basics. Nantinya, proyek ini dijanjikan akan menjadi lebih terbuka dan menyediakan akses ke lebih banyak situs “kebutuhan dasar”.

Terkait jumlah situs yang bisa diakses sendiri, Facebook disebut akan menambahkan beberapa situs ke proyek tersebut, sembari mencoba menjajaki kemungkinan berbagai situs lain turut bergabung. Selain itu, Facebook juga akan mencoba menggandeng lebih banyak operator seluler untuk masuk ke proyek ini. Saat ini, Free Basics sendiri baru tersedia di beberapa operator saja di 19 negara.

Proyek Internet.org, atau Free Basics, telah dijalankan oleh raksasa media sosial, Facebook, selama beberapa bulan terakhir ini. Sambutan untuk proyek ini sendiri cukup beragam, mulai dari yang menyambutnya dengan senang hati, hingga yang membencinya karena hanya menyediakan akses ke situs-situs tertentu saja. Namun, Facebook sendiri tampaknya cukup puas dengan apa yang telah dicapai proyek tersebut dan ingin memperluas jangkauan proyek tersebut.

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES