in: News | September 10, 2015 | by: Yossie Dwi P

Menguji Jaringan Smartfren 4G di Cirebon

Smartfren 4G Jawa Barat

Dalam rangka membuktikan kualitas jaringan sekaligus sosialisasi dari layanan terbarunya, 4G LTE-Advanced, Smartfren mengundang beberapa awak media untuk ikut serta dalam rangkaian acara Network Drive Test di Cirebon, Jawa Barat, pada Rabu (9/9) kemarin.

Berawal dari Swiss Belhotel, Kota Cirebon, Smartfren mengajak awak media berkeliling kota sambil mencicipi kualitas layanan 4G mereka dengan beberapa cara, yakni SpeedTest, Video Conference, hingga streaming video di YouTube.

Munir SP memandu Network Drive Test di Cirebon
Munir SP memandu Network Drive Test di Cirebon

Sesuai janjinya, kawasan Cirebon sebagian besar telah ter-cover jaringan 4G Smartfren dengan baik. Walaupun masih ada titik-titik dimana kualitasnya masih kurang bisa diandalkan. Menurut pihak perusahaan, saat ini pekerjaannya baru selesai 98 persen.

“Secara keseluruhan di Cirebon bagus, tapi namanya baru 98 persen, ada saja yang 2 persennya,” kata Munir Syahda Prabowo, Head of Network Special Project Smartfren Telecom yang memandu awak media selama acara Network Drive Test di Cirebon.

20150909_134933

JagatReview yang ikut melakukan SpeedTest selama perjalanan di Cirebon mendapatkan hasil yang beragam. Ketika berada di Jl. KarangGetas, kami mendapatkan hasil download 2.74 Mbps, upload 1.07 Mbps, dan Ping 26 ms. Sementara di kawasan SMAN 7 Cirebon, Smartfren 4G mampu menembus kecepatan download 8.03 Mbps, upload 0.59 Mbps, dan Ping 35 ms. Cukup memuaskan untuk kebutuhan pendidikan.

Screenshot_2015-09-09-12-14-24
Speedtest di kawasan SMAN 7 Cirebon

 

 

 

Kembali ke Swiss-Belhotel, Smartfren 4G juga tampil prima dengan kecepatan download 6.21 Mbps, Upload 3.41 Mbps, dan Ping 23 ms. Sebelum meninggalkan Cirebon, kami sempat mampir di kawasan Batik Trusmi dan kembali mencoba melakukan SpeedTest. Hasilnya pun tergolong cukup baik dan bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan, dengan kecepatan download 7.09 Mbps, kecepatan upload 2.44 Mbps, dengan Ping 29 ms.

Screenshot_2015-09-09-13-02-31
Speedtest di Swiss-Belhotel Cirebon
Screenshot_2015-09-09-16-36-52
Speedtest di Batik Trusmi

 

Perlu diingat bahwa kecepatan yang didapat melalui aplikasi SpeedTest (Ookla) hanyalah gambaran dari kualitas jaringan Smartfren 4G di Cirebon. Karena itu, JagatReview juga mencobanya untuk kegiatan yang lebih real, seperti streaming video di YouTube dan video conference. Hasilnya cukup baik. YouTube berjalan lancar tanpa buffering di resolusi 480p (bahkan di beberapa kondisi juga lancar di 720p), begitu juga video conference yang tak menemui kendala berarti.

Smarfren di Cirebon (OpenSignal)

Smartfren 4G seolah memang ingin membuktikan janjinya yang tidak hanya menawarkan kecepatan, tetapi juga layanan yang stabil. Yang menarik, menurut data dari OpenSignal.com, saat ini baru Smartfren yang menyediakan layanan 4G di Cirebon. Selain Cirebon, jaringan Smartfren 4G juga telah telah tersedia di beberapa kota lainnya di Jawa Barat. Total provinsi ini telah ter-cover sebanyak 19 kota.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES