in: News | September 25, 2015 | by: Yufianto Gunawan

Microsoft Hentikan Dukungan untuk DRM Lawas

Sebuah update yang disebarkan Microsoft untuk tiga sistem operasi mereka, Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8, disebut membuat beberapa game lawas kini tidak bisa dijalankan secara normal. Update tersebut membuat ketiga sistem operasi tersebut tidak lagi mendukung DRM SecuROM dan SafeDisk yang banyak digunakan oleh game-game lawas. Akibatnya, game-game dengan proteksi tersebut tidak bisa dimainkan lagi.

dvdsecurity

Penghentian dukungan untuk SecuROM dan SafeDisk ini dilakukan dengan menghentikan service yang digunakan untuk kedua DRM tersebut, secdrv.sys. Microsoft sendiri menjelaskan bahwa dengan tidak dijalankannya service tersebut, beberapa game lawas dengan DRM SecuROM dan SafeDisk tidak lagi bisa dimainkan. Alasan Microsoft melakukan hal ini disebut terkait dengan faktor bahaya keamanan yang mungkin ditimbulkan.

Bila pengguna Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8 kebetulan ingin memainkan game dengan kedua DRM tersebut, mau tidak mau mereka harus membeli versi digital dari jalur distribusi digital yang populer saat ini. Atau, mereka bisa mengikuti saran Microsoft untuk sementara mengaktifkan lagi service secdrv.sys. Hanya saja, Microsoft menyebut hal itu akan membuka potensi bahaya keamanan di sistem.

DRM SecuROM dan SafeDisk merupakan proteksi yang sangat umum dijumpai sekitar 10 tahun lalu, di era CD dan DVD. Microsoft memang tidak menghadirkan dukungan untuk kedua DRM tersebut di sistem operasi baru mereka, Windows 10. Kini, mereka juga menonaktifkan dukungan untuk kedua DRM tersebut di sistem operasi Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES