Review Gigabyte Z170X-Gaming G1

Reading time:
September 30, 2015

Kesimpulan

Gigabyte Z170X-Gaming G1 memang ditawarkan pada kisaran harga tergolong tinggi, hampir mencapai angka 9 juta rupiah. Walaupun begitu, harga tersebut tampaknya cukup sepadan mengingat Gigabyte memang tidak segan dalam membenamkan teknologi terbaik mereka untuk memuaskan calon penggunanya terutama mereka kalangan gamer. Hal tersebut memang terlihat dari penggunaan chip audio kelas atas Creative SoundCore 3D ZxRi dimana soundcard terpisah dengan chip sejenis dijual pada kisaran harga lebih dari $100, tiga chip network Killer dari Qualcomm Atheros, dukungan konfigurasi AMD CrossfireX beserta NVIDIA SLI dengan menggunakan hingga empat buah graphics card untuk memastikan game mampu dijalankan pada frame rate setinggi mungkin, dan juga tersedianya fitur instant overclocking (CPU Upgrade di menu BIOS atau Smart Boost (OC)) pada utility EasyTune) sehingga memudahkan pengguna awam dalam mendongkrak performa sistem. Tidak ketinggalan, Gigabyte juga memberikan sejumlah fitur dimana umumnya hanya ditemukan pada motherboard untuk overclocking seperti onboard button, Debug LED, dan titik pengecekan voltase komponen motherboard dengan menggunakan multimeter. Gigabyte juga tidak luput memberikan konektivitas melimpah seperti dua port USB 3.1 pada panel belakang motherboard, 11 port USB 3.0, enam port USB 2.0, 10 port SATA III 6Gbps dengan dukungan tiga port SATA Express, dan dua slot M.2.

Gigabyte Z170X-Gaming G1 Motherboard

 

 

Tidak hanya memberikan perlengkapan melimpah di atas PCB motherboard, Gigabyte juga memberikan setumpuk komponen menarik pada paket penjualan produk ini. Sebut saja kabel SATA dengan pembungkus kain sehingga memberikan penampilan berbeda, backpanel i/o cover dengan lampu LED, 2/3/4-way SLI Bridge, G Connector untuk memudahkan pemasangan kabel front panel casing, GC-M2-U2-MiniSAS Card sehingga dapat menggunakan perangkat storage dengan konektor U.2, dan USB 3.1 5,25 Inch-Bay untuk tambahan dua port USB 3.1 tambahan.

Dengan melimpahnya perlengkapan pada motherboard ini, Gigabyte ternyata tetap memperhatikan sektor performa. Tidak hanya mampu membuat Core i7 6700K mengerahkan performa terbaiknya, motherboard tersebut pun siap mengajak prosesor Intel Skylake K Series dan memori/RAM DDR4 untuk berlari lebih kencang diatas kemampuan standar. Motherboard ini memang memberikan sejumlah cara sehingga pengguna mampu memeras kemampuan dua komponen tersebut hingga batas maksimalnya. Mulai dari cara instan dengan mengaktifkan semacam overclocking profile atau melalui cara manual dengan mengatur satu persatu setting untuk mendongkrak performa baik dari menu BIOS maupun utility seperti EasyTune. Tentu saja untuk menunjang hal tersebut, Gigabyte telah melengkapi motherboard mereka dengan komponen berkualitas untuk menjamin durabilitas terbaik pada kondisi pemakaian ekstrim.

 

Gigabyte Z170X-Gaming G1 Top View

Dengan kemampuan dan fitur yang mampu disajikan, Gigabyte Z170X-Gaming G1 merupakan salah satu pilihan motherboard sangat menarik untuk membangun sebuah PC gaming desktop bertenaga. Tentu saja hal tersebut tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan motherboard tersebut untuk membangun PC desktop biasa mengingat fitur yang ditawarkan tergolong di atas rata-rata motherboard sejenis. Fitur gaming kelas atas, fitur overclocking lengkap baik untuk pengguna awam dan tingkat lanjut, penggunaan komponen “premium”, paket penjualan menarik, beserta hadirnya sejumlah komponen ekstra untuk melengkapi komponen standar sebuah motherboard Intel Z170, memang menjadi nilai lebih tersendiri untuk mempertimbangkan Gigabyte Z170X-Gaming G1 sebagai motherboard incaran Anda. Untuk kalangan pengguna tertentu, harga motherboard ini memang tergolong tinggi. Akan tetapi jika melihat apa yang Anda dapatkan saat memiliki motherboard tersebut, rasanya akan cukup sepadan dengan dana yang dikeluarkan.

  • Produsen: Gigabyte
  • Website: www.gigabyte.com
  • Distributor Lokal: PT. Misuco Elektronik
  • Telepon: (021) 601 8218
  • Harga: Rp. 8.800.000,- (per 30 September 2015)
Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Bodi MSI Prestige 13 AI EVO A1M Form Factor Clamshell…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Bodi Form Factor Clamshell Material Polycarbonate Warna Blue Terlihat kalau…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Bodi dan Desain Form Factor Clamshell Material Aluminium untuk punggung…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 14, 2024 - 0

Summer Game Fest 2024 Akan Tayang Juni 2024

E3 sudah mati. Pada saat berita ini ditulis, sama sekali…
March 14, 2024 - 0

Akhirnya, Final Fantasy VII: Ever Crisis Akan Tersedia di Indonesia!

Keputusan beberapa developer untuk menahan rilis game andalannya, terutama yang…
March 14, 2024 - 0

Sea of Stars Tembus 5 Juta Pemain, Akan Hadirkan Co-Op

Sesekali industri game akan kedatangan game-game indie dengan kualitas dan…
March 13, 2024 - 0

“THICC” Versi Beda, Modder Jadikan Tifa dan Aerith Berotot di FF VII Remake PC

Berapa banyak dari Anda yang sempat menikmati anime Dorohedoro? Bahwa…