in: Notebook / Laptop | September 6, 2015 | by: Gatot Tri Yuwono

Review Notebook: MSI Prestige PE60 2QE

The Notebook

MSI Prestige PE60 2QE Notebook v2

Bodi notebook/laptop dengan balutan warna perak dan hitam matte memberikan kesan mewah sekaligus elagan pada MSI Prestige PE60 2QE. Dengan ukuran bodi sebesar 38,3 x 26 x 2,7 cm, MSI Prestige PE60 2QE memang akan memakan cukup banyak ruang saat dimasukkan ke dalam tas. Walaupun begitu dengan bobot di bawah 2,4 kg (termasuk power adapter), MSI Prestige PE60 2QE tergolong lebih ringan dibandingkan notebook/laptop dengan ukuran sejenis. Alhasil pengguna tidak terlampau terbebani saat menenteng notebook/laptop tersebut kemanapun mereka melangkah.

Daya tarik utama MSI Prestige PE60 2QE salah satunya terletak pada komponen perangkat display. Layar LCD LED dengan tipe panel IPS tersebut diklaim telah mengalami proses seleksi ketat dimana MSI hanya memilih panel dengan kemampuan reproduksi warna terbaik. Alhasil layar tersebut diklaim mampu menghasilkan reproduksi warna 100% sRGB sehingga cocok sekali digunakan bagi pengguna di bidang pekerjaan dengan kebutuhan akurasi warna tinggi seperti desainer gambar, desainer grafis, editor video, dan masih banyak lagi. MSI Prestige PE60 2QE sendiri menggunakan layar berukuran 15,6 inci dengan resolusi 1920 x 1080 piksel dan tingkat refresh rate sebesar 60 Hz.

MSI Prestige PE60 2QE juga menyediakan sebuah aplikasi bernama True Color yang dapat digunakan untuk mengubah color profile pada layar. Terdapat enam buah color profile yang dapat disesuaikan dengan skenario penggunaan pengguna. Menariknya, melalui menu App Sync, setiap aplikasi dapat di atur untuk mengaktifkan color profile berbeda pada saat dijalankan.

Berikut contoh perbedaan penampillan masing-masing color profile. Gambar di atas ditangkap dengan menggunakan kamera sehingga adakalanya terdapat perbedaan jika dilihat dengan mata secara langsung.

MSI Prestige PE60 2QE Keyboard & Touchpad

MSI Prestige PE60 2QE dilengkapi perangkat input berupa keyboard lengkap dengan tombol numeric pad (numpad) dan touchpad dengan tombol klik kiri dan kanan terpisah. Perangkat keyboard tersebut juga dilengkapi lampu LED-backlit sehingga tidak hanya membuat penampilan notebook/laptop menjadi lebih “keren” tetapi juga membantu untuk melihat tombol pada kondisi gelap atau kurang cahaya.

MSI Prestige PE60 2QE Buttons

Pada sisi kanan atas keyboard dapat ditemukan tiga buah tombol yaitu power on/offcolor profile changer, dan full speed fan (kecepatan kipas 100%).

MSI Prestige PE60 2QE Indicator Lamps

Tepat pada sisi depan bawah di dekat komponen touchpad dapat ditemukan sejumlah lampu indikator yang menunjukkan aktivitas sejumlah komponen notebook.

MSI Prestige PE60 2QE Left Side

Beralih pada sisi konektivitas dan perlengkapan, pada sisi kiri notebook dapat ditemukan kensington security slot, satu port ethernet/LAN (RJ-45), tiga port USB 3.0, HDMI, mini Display Port, microphone 3,5 mm jack, dan headphone 3,5 mm jack.

MSI Prestige PE60 2QE Right Side

Menengok sisi kanan notebook dapat ditemukan perangkat optical drive berupa DVD-writer, satu port USB 2.0, card reader, dan sebuah port untuk komponen power adapter (charger).

MSI Prestige PE60 2QE menggunakan sistem pendingin Cooler Boost 3 dimana komponen sistem pendingin terpisah untuk prosesor dan graphics card. Oleh karena itu notebook/laptop tersebut memiliki dua lubang pembuangan panas sebanyak dua buah pada sisi belakang. Penempatan lubang pembuangan seperti itu memang menguntungkan pengguna pada saat menggunakan mouse. Baik saat menggunakan sisi kiri maupun kanan, tangan pengguna menjadi tidak terpapar udara panas.

MSI Prestige PE60 2QE Bottom View

Pada sisi bawah notebook/laptop dapat ditemukan sejumlah lubang ventilasi tempat udara segar dihisap ke dalam. Sistem pendingin Cooler Boost 3 sendiri dilengkapi tiga buah heatpipe untuk mendinginkan graphics card dan satu buah heatpipe untuk mendinginkan prosesor dan dilengkapi dua buah kipas tipe blower.

MSI Prestige PE60 2QE Power Adapter

 

Unit power adapter alias external power supply ini memiliki kemampuan menyuplai daya ke notebook hingga sebesar 120 Watt.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES