in: News | September 25, 2015 | by: Dian Syarifuddin

Smartphone Mid-End dengan Finger-print Bakal Ramai Tahun Depan?

fingerprint

Fitur sensor sidik jari saat ini bisa dikatakan hanya baru ditemui pada jajaran smartphone yang masuk ke segmen high-end. Fitur ini bisa dikatakan sangat berguna bagi mereka yang menginginkan sebuah sistem keamanan terbaik pada perangkat genggam yang mereka miliki. Namun sayangnya, fitur sensor sidik jari saat ini hanya baru bisa kita temui para perangkat ponsel yang memiliki harga banderol cukup tinggi.

Melihat peranan sensor sidik jari yang semakin penting dan tingginya pengguna smartphone di segmen mid-range, produsen perangkat keras asal China dan Taiwan mencoba ingin menawarkan fitur sensor sidik jari yang terjangkau ke beberapa produsen.

Menurut berita yang kami sadur dari Digitimes, para produsen penyuplai perangkat sensor sidik jari asal kedua negara tersebut akan menawarkan harga sekitar di bawah USD 5 untuk modul sensor sidik jari yang mereka rancang. Sebelumnya, modul sensor sidik jari dibanderol sekitar USD 7 – 8 pada awal tahun ini.

Dengan diturunkannya harga modul sensor sidik jari, ini artinya beberapa produsen smartphone bakal siap bertempur di pasar smartphone yang turut dihadirkan fitur sensor sidik jari. Akan tetapi, beberapa pengamat memprediksi, segmen smartphone mid-end yang bakal lebih dituju oleh para produsen yang dilengkapi sensor sidik jari.

Samsung selaku penguasa pasar smartphone global, dikabarkan tengah bersiap diri untuk menghadirkan ponsel mid-end yang akan dilengkapi sensor sidik jari. Produsen ternama asal Korea Selatan itu dilaporkan sudah memesan ke salah satu produsen asal Taiwan, Egis Technology (Egistec) untuk menyuplai modul sensor sidik jari.

Tidak hanya Samsung saja, beberapa produsen ponsel asal China pun juga sudah melakukan pemesanan kepada salah satu penyuplai perangkat sidik jari, yaitu Goodix Technology. Ada kemungkinan, harga sensor sidik jari bisa saja turun hingga USD 3 pada saat mau memasuki tahun 2016.

Sumber: Digitimes

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES