in: News | September 19, 2015 | by: Yufianto Gunawan

SoC Kencang Huawei, Kirin 950, Akan Hadir Bulan Depan?

Kabar terkait SoC baru dari Huawei yang akan diposisikan untuk dapur pacu perangkat high-end, Kirin 950, telah banyak bermunculan sejak beberapa bulan lalu. Namun, sang SoC sendiri hingga saat ini belum resmi dirilis oleh sang produsen. Baru beberapa waktu lalu, Huawei dikabarkan telah menetapkan waktu perilisan SoC baru tersebut, yaitu bulan Oktober 2015 mendatang.

Kirin

SoC Kirin 950 tampaknya akan dirilis untuk memperkuat produk andalan baru dari perusahaan asal China tersebut. Sebelumnya, Huawei sendiri telah merilis beberapa SoC Kirin lain sejak tahun 2014 lalu, yaitu Kirin 620, Kirin 910, Kirin 920, Kirin 930, dan Kirin 940. Hingga saat ini, SoC keluarga Kirin tersebut telah digunakan di berbagai perangkat dari Huawei maupun dari perusahaan lain. Belum diketahui di perangkat apa Kirin 950 ini nantinya akan digunakan.

Terkait spesifikasi, Kirin 950 sendiri akan mengusung konfigurasi yang mirip dengan Kirin 940 yang telah dirlis beberapa waktu lalu. Kirin 950 menggunakan prosesor octa core, dengan empat core Cortex A53 dan empat core Cortex A72. GPU dalam chip ini adalah Mali T880 dan chip ini telah mendukung memori LPDDR4. Fitur lain yang disematkan di dalamnya adalah dukungan untuk MU-MIMO WiFi AC, HiFi DSP, serta LTE Cat. 10. Prosesor di chip ini akan berjalan di kecepatan hingga 2.4 GHz.

Sejauh ini, berdasarkan bocoran dari berbagai benchmark, kemampuan yang ditawarkan oleh SoC ini ternyata bisa membuatnya bersaing dengan SoC papan atas dari produsen lain, termasuk Snapdragon 810 dan Enynos 7420. Oleh karena itu, SoC ini sangat dinantikan sepak terjangnya di dunia gadget. Mari kita tunggu saja pengumuman resmi Huawei terkait kehadiran SoC ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES