in: News | September 21, 2015 | by: Cerira

Virus ‘Ghost Push’ Infeksi Lebih Dari 600 Ribu Pengguna Android Per Hari

Google-Play-4.0.25-Nexus-4

Ancaman virus pada pengguna berbagai macam piranti digital memang tak habis-habisnya. Berbagai anti virus sudah diciptakan namun virus baru tetap bermunculan. Demikian juga bagi piranti yang dijalankan dengan OS Android, sebagai salah satu sistem operasi terbuka yang paling banyak digunakan saat ini. Sifatnya yang terbuka membuat OS ini paling banyak menjadi target berbagai macam virus.

Saat ini ada virus baru bernama Ghost Push yang ditengarai tengah mewabah dan menyerang OS Android. Virus ini mengikuti berbagai aplikasi yang didownload terutama yang bukan dari Google Play Store. Menurut lembaga riset keamanan Cheetah Mobile, virus jenis baru ini berkembang dengan cukup cepat dimana saat ini diperkirakan ada lebih dari 600 ribu pengguna piranti yang dijalankan oleh OS Android yang terinfeksi setiap harinya.

Ghost Push diyakini datang melalui malware dan disebarkan melalui SDK komersial atau iklan browser. Menurut Cheetah Mobile, saat ini virus Ghorst Push sudah menginfeksi 14.847 jenis handset dan 3658 merek. Begitu menginfeksi, virus akan menginstal aplikasi yang takdiharapkan dan sangat mengganggu serta cukup sulit dihapus bahkan bagi pengguna yang sudah menggunakan antivirus di pirantinya, atau bahkan sudah melakukan factory reset. Ghost Push akan mendapatkan akses root dan mengakibatkan berbagai masalah di piranti seperti performa menjadi lambat, baterai cepat terkuras habis dan bahkan bisa menyedot data seluler dengan sangat banyak.

Google-Play-Store

Menurut penelitian Cheetah Mobile, saat ini sudah ada 39 aplikasi yang dinyatakan terinfeksi dengan virus ini. Kemungkinan ini adalah aplikasi-aplikasi palsu dengan tujuan untuk menginfeksi piranti. Lembaga riset ini juga menyebutkan bahwa label aplikasi memang didesain untuk menipu pengguna namun untuk mengetahui apakah ini palsu atau tidak bisa dilihat dengan cara memeriksa nama paket. Jika ada tulisan seperti “com.abc.yinhe” sebaiknya batalkan niat untuk menginstalnya. Sekali lagi, yang terbaik yang bisa dilakukan jika ingin mendownload dan menginstal aplikasi adalah mencari dari situs developer resmi.

Beberapa aplikasi yang ditengarai menipu dan ternyata berisi virus Ghost Push dan sebaiknya diteliti kebenarannya adalah judul-judul seperti WiFi Enhancer, TimeService, Assistive Touch, All-star Fruit Slash, MonkeyTest, Super Mario, Simple Flashlight dan Amazon. Kebanyakan aplikasi palsu tersebut didapat dari toko aplikasi dan forum di luar Google Play, dimana tempat-tempat ini memang asal dari aplikasi yang tidak perlu verifikasi dari Google.

Google belum memberikan komentar atas hadirnya virus baru ini. Namun Cheetah Mobile memberikan tips untuk mendeteksi hingga mengatasinya. Selain bisa menggunakan Clean Master dan CM Security, pengguna juga bisa menggunakan cara manual yang dijelaskan Cheetah Mobile dalam halaman ini : http://www.cmcm.com/article/share/2015-09-18/801.html

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES