in: News | October 10, 2015 | by: Dian Syarifuddin

Android Bakal Mampu Menjalankan Aplikasi Windows?

Windows

Salah satu perusahaan pengembang perangkat lunak bernama CodeWeavers menyatakan bahwa mereka telah berhasil menciptakan software yang memungkinkan perangkat Android dapat menjalankan berbagai aplikasi Windows. Tidak hanya itu saja, pihak CodeWeavers mengatakan bahwa aplikasi untuk PC desktop mampu dijalankan.

Ide dalam menghadirkan software tersebut diakui oleh CodeWeavers berawal dari berbagai proyek-proyek yang sempat diperkenalkan oleh Microsoft, seperti salah satunya adalah Project Astoria. Proyek yang sempat diperkenalkan pada Mei lalu itu merupakan sebuah emulator yang dirancang khusus mampu menjalankan beragam aplikasi Android pada sistem operasi terbaru Microsoft, Windows 10.

Akan tetapi, pihak CodeWeavers mengatakan ada beberapa syarat pada perangkat Android untuk menjalankan aplikasi Windows. Perangkat Android tersebut harus memiliki prosesor dengan arsitektur x86 karena hampir semua aplikasi Windows memiliki kode berbasis arsitektur x86.

Tentunya hanya perangkat Android yang hanya menggunakan prosesor Intel saja lah yang memenuhi kriteria di atas, seperti Nokia N1 dan ponsel ASUS Zenfone 2. Selain itu, pilihan aplikasi Windows yang dapat dijalankan masih terbatas, antara lain QuickBooks 2015 dan Adobe Creative Suite yang diklaim telah berhasil dijalankan.

CodeWeavers menjanjikan bahwa software yang berhasil mereka kembangkan akan segera dirilis dalam waktu dekat dalam versi Technical Preview. Software tersebut dapat diperoleh secara gratis.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES