in: News | October 4, 2015 | by: Cerira

Apple Patenkan Konsep Smart Ring

Wearable devices yang kian diminati seakan memicu Apple untuk terus menciptakan produk wearable. Setelah tren smartwatch dan Apple berhasil merajai pasar dengan iWatch, tak lama lagi nampaknya Apple akan meluncurkan cincin cerdas yang bisa dibilang sebagai miniatur dari Apple Watch. Rencana Apple tersebut diketahui karena belum lama ini muncul dokumen paten yang berisi konsep sebuah smart ring yang diajukan oleh raksasa teknologi tersebut ke USPTO.

14445-9992-151001-Ring-3-l
Sumber: AppleInsider

Dalam dokumen paten yang dipublikasikan oleh U.S. Patent and Trademark Office ini diberi judul “Perangkat dan metode untuk perangkat komputasi cincin” dimana dokumen ini menggambarkan perangkat wearable bergaya cincin yang canggih yang menggunakan input suara, gerakan dan sentuhan untuk mengontrol dan berinteraksi dengan piranti komputasi lain yang lebih besar. Dokumen ini sendiri sudah diajukan pada bulan April 2015 dengan nama penemu Marcos Regis Vescovi dan Marcel van Os. Dokumen ini berhubungan dengan dokumen aplikasi terpisah namun tidak dipublikasikan yang diajukan pada tahun 2014 silam.

Mungkin sudah bisa ditebak jika nanti Apple selesai memproduksi cincin cerdasnya ini maka konsumen akan menjulukinya dengan nama iRing atau seperti jam tangan cerdasnya, cincin ini juga bisa jadi akan disebut dengan Apple Ring. Seperti yang dilaporkan oleh Apple Insider, Apple mengajukan dokumen paten yang berisi konsep sebuah wearable devices yang bisa dipastikan sebagai sebuah cincin karena ditampilkan gambar jari pengguna yang mengenakan perangkat tersebut.

Pada dasarnya ini merupakan miniatur komputer yang dijejalkan pada cangkang yang membungkus jari pengguna. Ditenagai dengan prosesor di dalamnya, perangkat ini juga dilengkapi dengan berbagai komponen input dan output seperti touch pad atau touch screen dengan ukuran diagonal satu hingga lima sentimeter. Menggunakan perpaduan input multitouch, suara dan gesture, pengguna bisa menggunakan cincin untuk mengontrol berbagai macam produk seperti Apple TV dan iPhone.

Apple Ring 01
Sumber: AppleInsider

Sebagai cincin cerdas, perangkat mungil ini terlihat seperti miniatur dari Apple Watch karena sudah dibenami berbagai fitur terkini seperti mikrofon, sensor gerak, sensor bio metrik, kamera dan tentunya display yang mungil di bagian matanya. Dibenamkannya mikrofon di cincin ini nampaknya akan membuat si cincin bisa diaktifkan dengan suara seperti halnya pada Apple TV yang bisa diaktifkan dengan Siri dan kontrol suara lainnya.

Selain itu disebutkan juga tentang materi pembuat cincin ini dimana ada logam mulia seperti emas dan platinum yang akan digunakan. Bisa jadi Apple juga akan membuat cincinnya ini dalam berbagai pilihan warna seperti halnya pada Apple Watch. Selain dokumen tersebut, Apple belum memberikan keterangan lain terkait dengan waktu peluncuran atau juga spesifikasi hardware dan software lain yang akan digunakan. Dan karena ini merupakan dokumen paten, belum pasti juga apakah Apple memang akan membawa produk tersebut ke pasar atau juga memproduksi piranti tersebut dengan tampilan yang sama.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES