in: News | October 22, 2015 | by: Gatot Tri Yuwono

APU AMD R-Series Terbaru Hadir dengan Dukungan Memori DDR4

AMD R Series Merlin Falcon

Hari ini AMD mengumumkan lini produk prosesor APU (Accelerated Processing Units) terbaru mereka dengan codename Merlin Falcon. APU Merlin Falcon merupakan turunan dari Carrizo dimana di dalamnya terdapat unit CPU x86-64 berbasiskan arsitektur Excavator dan juga graphics card terintegrasi berbasiskan arsitektur GCN (Graphics Core Next) 3rd Generation. Menariknya, jika APU Carrizo hanya mendukung tipe memori/RAM DDR3, maka Merlin Falcon siap dikombinasikan dengan DDR3 dan juga DDR4. Yap Anda tidak salah membaca!!! APU Merlin Falcon merupakan produk APU pertama dari AMD dengan dukungan memori/RAM DDR4. Akan tetapi tahan dulu antusiasme Anda untuk segera merakit PC karena APU Merlin Falcon merupakan anggota keluarga prosesor AMD R-Series untuk perangkat embedded seperti digital signage, KIOSK, retail signage, medical imaging, electronic gaming, media storage serta komunikasi dan jaringan.

AMD R Series Line Up

Terdapat lima tipe APU Merlin Falcon dengan konfigurasi unit CPU antara satu atau dua modul dan memiliki rentang TDP (Thermal Design Power) 12-35 Watt. Tiga tipe APU Merlin Falcon akan memiliki graphics card terintegrasi Radeon R7/R6/R5 di dalamnya sementara dua tipe lainnya tidak dilengkapi unit pengolah grafis. Dukungan kecepatan memori/RAM ternyata memiliki variasi dimana APU Merlin Falcon dengan dua modul CPU mendukung DDR3-2133/2400 MHz beserta DDR4-2400 MHz. Sementara itu untuk APU Merlin Falcon dengan satu modul CPU mendukung DDR3 dan DDR4 dengan kecepatan 1600 MHz. Tentu saja APU Merlin Falcon mendukung penggunaan memori/RAM DDR3 dan DDR4 dengan fitur ECC (Error-Correcting code). Sementara untuk temperatur kerja seluruh APU Merlin Falcon memiliki rentang suhu antara 0-90 °C.

AMD R Series Diagram

AMD R Series Package

APU AMD R-Series “Merlin Falcon” mengadopsi desain SoC (System on Chip) dimana FCH (Fusion Controller Hub) tidak lagi diletakkan terpisah di atas PCB motherboard tetapi menjadi satu di dalam sebuah die prosesor. Dengan mengadopsi desain seperti itu membuat ukuran PCB motherboard dapat dikecilkan seminimum mungkin. Tentu saja APU AMD R-Series “Merlin Falcon” akan dilengkapi fitur keamanan jauh lebih baik mengingat skenario penggunaan dilingkungan perusahaan atau dunia industri dengan ditanamkannya AMD Secure Processor. Tidak ketinggalan APU tersebut mendukung penuh standar HSA (Heterogeneous System Architecture) 1.0. Teknologi HSA 1.0 memungkinkan klien di bidang industri seperti machine learning, medical imaging, dan digital signage untuk menjalankan komputasi intensif dan juga algoritma pemrosesan paralel dengan memanfaatkan seluruh kemampuan hardware di dalam APU tersebut. Tidak ketinggalan, APU Merlin Falcon mendukung akselerasi konten video dengan codec HEVC/H.265 hingga resolusi 4K.

AMD R Series Reference Platform

AMD R Series Display Type

Platform APU AMD R-Series “Merlin Falcon” menyediakan konektivitas seperti empat port USB 3.0, 4-8 port USB 2.0SATA III 6Gbps, SATA III 6Gbps/M.2, dan dukungan hingga tiga konektor display (D-Sub, DVI, HDMI, Display Port,…). Tidak ketinggalan dukungan 8 jalur PCI Express 3.0 dan 4 jalur PCI Express 3.0/2.0.

Dengan hadirnya APU AMD R-Series “Merlin Falcon” dengan dukungan DDR4, apakah menandakan akan segera tersedianya platform serupa untuk pasar PC desktop?

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES