in: Direct Release | October 6, 2015 | by: Jagat Review

Direct Release: Fujitsu Sempurnakan Software-Defined Storage untukKebutuhan Enterprise

Fujitsu Eternus

Fakta-fakta:

  • Mengurangi biaya penyimpanan hingga enam faktor1 dan memastikan pemulihan data yang cepat bahkan untuk ukuran petabyte
  • Meningkatkan ketahanan terhadap bencana dan perlindungan untuk volume data yang besar – menambah fleksibilitas dan kemampuan sistem untuk pulih dari kegagalan situs secara total
  • Mempersingkat time-to-production melalui solusi yang telah tervalidasi untuk OpenStack, Online Archives, Enterprise File Sync & Share dan pencadangan berbasis cloud

Jakarta, 5 Oktober 2015 – Fujitsu, hari ini mengumumkan kehadiran FUJITSU Storage ETERNUS CD10000 generasi kedua, sebuah sistem penyimpanan software-defined berskala ekstrim. Sebagai sistem penyimpanan yang sudah diakui dunia, ETERNUS CD10000 S2 menyediakan sarana yang lebih tangguh untuk mengatasi kendala terkait penanganan data berskala besar, bahkan hingga berukuran petabyte yang kini mulai lumrah dijumpai.

Lembaga-lembaga bisnis maupun pemerintahan menghadapi informasi data yang terus meningkat secara online. Ada tiga masalah utama: peningkatan terhadap permintaan skalabilitas, kompleksitas dan biaya yang lebih besar, dan ancaman gangguan ketika data beroperasi secara offline yang disebabkan oleh keterbatasan penyimpanan fisik selama proses migrasi sistem berlangsung. Fujitsu bekerja sama dengan para pelanggan dan mitra dari beragam kalangan industri, seperti penyedia layanan, sektor publik, keuangan, penelitian, dan pendidikan guna memberikan layanan data yang dapat diandalkan dengan biaya yang terjangkau.

Fujitsu ETERNUS CD10000 menyediakan kapasitas storage maupun kinerja yang memiliki skalabilitas modular tanpa batas, hemat biaya sekaligus zero-downtime, berlandaskan pada sistem penyimpanan open source Ceph terpadu. Hal ini dapat dilihat pada sistem manajemen end-to-end untuk perangkat lunak dan keras yang dihadirkannya, serta pemeliharaan dan jaminan kualitas untuk seluruh sistem – termasuk komponen pihak ketiga – yang memungkinkan pelanggan untuk dapat menikmati manfaat atas teknologi berbasis open source tersebut, sekaligus menghadirkan dukungan berkelas enterprise yang dapat mereka nikmati.

Bernhard Brandwitte, Vice President, Global Storage Business Fujitsu, mengatakan: “ETERNUS CD10000 merevolusi cara organisasi dalam menghadapi data online yang jumlahnya terus meningkat. Fujitsu adalah penyedia teknologi penyimpanan global pertama yang memberikan keleluasaan kepada organisasi dalam mengontrol biaya-biaya yang dialokasikan untuk penyimpanan di tengah tidak menentunya biaya yang umum dikeluarkan untuk penyediaan storage sekarang ini. Selain itu, Fujitsu juga memungkinkan pelanggan untuk mengganti sistem bottleneck yang mereka gunakan sebelumnya dengan sistem penyimpanan online yang berbasis open source berskala hiper. Saat ini, kita bisa menyimpan data 10 kali lebih banyak di ruang pusat data yang sama dengan biaya per terabyte yang mampu ditekan sedemikian rupa apabila dibandingkan dengan generasi sebelumnya.” Generasi kedua ETERNUS CD10000 keluaran Fujitsu ini memberikan definisi baru untuk sebuah sistem penyimpanan yang mampu mengoptimalkan investasi biaya yang dikeluarkan untuk storage, mampu mendukung kelangsungan bisnis dengan pasti, dan mempersingkat time-to-production melalui solusi-solusi yang telah tervalidasi.

 

Bagaimana Fujitsu mendukung pengguna memangkas biaya pertumbuhan data

ETERNUS CD10000 S2 yang baru dielngkapi dengan beragam peningkatan dan penyempurnaan guna mengurangi biaya penyimpanan dan kebutuhan ruang di pusat data. Jenis baru dari storage nodes memiliki kapasitas hingga mencapai 60 TB dalam sebuah unit rack yang digunakan, sehingga dapat mengurangi kebutuhan untuk ruang. Dukungan perangkat lunak dan keras serta fitur-fitur teknologi terbaru yang disematkan juga akan mendukung pelanggan dalam memangkas biaya per TB hingga sepuluh faktor2.

Desain terbaru dari node penyimpanan (storage nodes) yaitu ‘Flex Node’ dan ‘Density Node’ sekarang mendukung pelanggan dalam menambah kapasitas dan kinerja secara lebih terperinci. Flex Nodes mendukung penyimpanan berorientasi skenario dan menghadirkan skalabilitas yang lebih baik. Sementara, Density Nodes dapat digunakan secara optimal untuk menyimpan data berukuran besar di ruang penyimpanan yang terbatas dengan harga per terabyte serendah mungkin (antara 0,007-0,013 Euro per GB per bulan). Cukup dengan menambahkan sistem node (system nodes), ETERNUS CD10000 S2 dapat menyediakan kapasitas hingga 50 PB, atau bahkan lebih, sehingga mampu mendukung pertumbuhan data yang tidak terpikirkan sebelumnya.

Manajemen sistem internal ETERNUS CD10000 S2 sepenuhnya berjalan di atas software Ceph, sehingga memungkinkan hardware nodes generasi yang lebih tua dapat digantikan oleh generasi baru yang sepenuhnya kompatibel dan bebas downtime, yang memperluas sistem siklus hidup 10 sampai 15 tahun dibandingkan dengan sistem penyimpanan RAID tradisional. Ini juga secara drastis mengurangi persyaratan migrasi sistem.

Salah satu kontribusi terbaru Fujitsu untuk komunitas open source Ceph adalah Erasure Coding yang sudah optimal, yang memberikan perlindungan data melalui redundansi sekaligus mengurangi kebutuhan kapasitas disk dan biaya.

Bentuk peningkatan-peningkatan lebih lanjut pada ETERNUS CD10000 S2 adalah tersedianya lebih banyak pilihan untuk ketahanan terhadap bencana (disaster resilience), yang diperoleh dengan mengulur satu kluster penyimpanan node di dua situs, atau dengan menerapkan dua kluster sistem diskrit. Disaat solusi backup tradisional dalam dimensi multi-petabyte sudah tidak mencukupi lagi di masa kini, Fujitsu memperkenalkan konsep inovatif backup-in-a-box yang menyediakan perlindungan data berskala besar. Hal ini tentu akan mampu meningkatkan fleksibilitas dan kemampuan sistem dalam menghadapi kegagalan situs total, serta mampu memastikan upaya pemulihan data yang cepat, bahkan dalam skala yang besar sekalipun.

Berdasarkan skenario kebutuhan pelanggan, Fujitsu mengembangkan solusi tervalidasi yang memungkinkan implementasi secara cepat dari software-defined storage. Solusi ini mencakup Enterprise File Sync & Share, online archives and cloud back-up. Fujitsu mengumumkan kehadiran PRIMEFLEX untuk OpenStack untuk proyek OpenStack dimana penyimpanan berbasis Ceph menjadi satu-satunya arsitektur penyimpanan yang sesuai. Jajaran terbaru FIMREFLEX ini merupakan solusi lengkap yang mampu mengintegrasikan ETERNUS CD10000 dengan server PRIMERGY dan OpenStack cloud software. Fujitsu merupakan kontributor aktif untuk OpenStack Initiative dan baru-baru ini memperoleh Gold Membership.

Wakil Presiden Storage Networking Brocade Jack Rondoni,mengatakan: “Platform penyimpanan yang sudah terkluster seperti ETERNUS CD10000 S2 memerlukan jaringan yang tangguh dan low-latency sebagai dasar untuk memberikan layanan data berkualitas tinggi. Kami bermitra dengan Fujitsu untuk memberikan penyimpanan kinerja tinggi sebagai bagian dari solusi keseluruhan yang meningkatkan ketersediaan aplikasi dan membantu memastikan non-disruptive scale-out untuk mendukung berbagai beban kerja dengan kinerja tinggi dan data protection initiatives.”

Director of Partners, Channel and Alliances, Storage and Big Data Red Hat Ben, mengatakan: “Fujitsu adalah penyedia hardware pertama yang menanamkan teknologi Ceph, dan, hari ini, komitmen tersebut ditegaskan kembali dengan pengumuman Fujitsu ETERNUS CD10000 S2 storage system. Dengan menggabungkan Red Hat Ceph Storage dengan fitur-fitur baru dalam sistem penyimpanan Fujitsu ETERNUS CD10000 S2, pelanggan dapat lebih cepat dan memiliki biaya-efektif dalam mengimplementasikan solusi penyimpanan software-defined storage dalam lingkungan hyperscale generasi berikutnya.”

 

Harga dan Ketersediaan

FUJITSU Storage ETERNUS CD10000 S2 sudah tersedia di EMEIA dan di Amerika dari Fujitsu dan para ahli Fujitsu SELECT Partner yang menawarkan Advanced Server Solutions. Harga yang ditawarkan bervariasi berdasarkan spesifikasi dan wilayah penjualan. Ketersediaan di wilayah lain segera diumumkan.

1Berdasarkan kalkukasi yang dilakukan oleh Fujitsu. Perbandingan dengan pendahulunya berdasarkan konfigurasi minimum 4-node.

2Berdasarkan kalukalasi yang dilakukan oleh Fujitsu. Dengan diperkenalkannya Nodes Density dibandingkan dengan pendahulunya berdasarkan konfigurasi minimal 4-node.

 

Sumber-Sumber lain

Untuk mendapatkan berita terkini, silakan kunjungi laman berikut: http://ts.fujitsu.com/ps2/nr/index.aspx

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES